Gempa Bumi di Meulaboh Aceh Tidak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa Bumi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Gempa bumi dengan Magnitudo 6.4, mengguncang kawasan Meulaboh Aceh, pada Sabtu 24 September 2022. Dalam laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, gempa berada di kedalaman 22 km. Pusat gempa berada di laut dengan jarak 45 km baratdaya Meulaboh, Aceh. Gempa terjadi pada pukul 03.52 WIB.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Getaran gempa tersebut dirasakan di Aceh Besar, Banda Aceh, Meulaboh, Pidie, Aceh Selatan, Nagan Raya, Takengon, Bener Meriah, Simeulue, Pidie, Idi, Bireun, Aceh Tamiang, Langsa.

Dikutip dari Antara, gempa disebabkan aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke Lempeng Eurasia, tidak berpotensi tsunami.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault )," kata Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Sabtu, dikutip dari Antara.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya
Ilustrasi - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Kupang, NTT.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan risiko hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024