Perempuan Ini Ngaku Diperkosa, Hotman Paris Colek Polda Metro Jaya

LK mengadu ke Hotman Paris di Surabaya
LK mengadu ke Hotman Paris di Surabaya
Sumber :
  • VIVAJatim/A Toriq A

VIVA Nasional – Dari Jakarta, LK terbang ke Kota Surabaya, Jawa Timur, demi menemui pengacara kondang Hotman Paris di forum konsultasi hukum 911 Hotman, Sabtu, 24 September 2022. Dia mengadu karena laporan perkosaan yang dialaminya di Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Metro Jaya dianggap jalan di tempat. Terlapor belum ditetapkan tersangka.

LK datang menemui Hotman dengan membawa berkas laporan beserta bukti. Ia mengaku diperkosa oleh seorang pria yang dikenal lewat media sosial dua tahun lalu. Akibatnya, perempuan berambut panjang itu menderita luka sobek di bagian organ intim dan trauma psikis. LK kemudian melaporkan apa yang dialaminya ke Polda Metro Jaya dan mengaku dipersulit.

Laporannya ditindaklanjut dan ditangani oleh Subdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Klarifikasi pun dilakukan terhadap LK dan terlapor. Hingga kemudian kasus yang dilaporkan LK naik ke tingkat penyidikan. Artinya, ada unsur pidana ditemukan dalam laporan LK. “Sudah penyidikan tapi belum tersangka. QJ (terlapor) juga dipanggil tapi tidak datang-datang,” ungkap LK di hadapan Hotman.

Di tengah-tengah itu, LK mengaku diminta terlapor secara paksa untuk membuat surat perdamaian dan mencabut laporan di Polda Metro Jaya. Terlapor juga menjanjikan sejumlah duit sebagai bentuk tanggung jawab terlapor terhadap LK. Namun, LK menolak itu dan tetap ingin laporannya diproses hingga ke pengadilan. Karena di Polda Metro dinilai jalan di tempat, LK kemudian mengadu ke Hotman.

Mendengar cerita itu, Hotman langsung mencolek Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya agar segera memproses laporan LK dengan Pasal 285 Kitab Undang-undang Hukum Pidana tentang Pemerkosaan. Pemanggilan dan pemeriksaan terhadap terlapor juga menurutnya harus segera dilakukan oleh Polda Metro.

“Bagaimana kelanjutan dari kasusnya yang masih belum pasti, apakah memang penyelidikan dihentikan ataukah memang naik ke penyidikan, belum tahu. Dimohon kepada Bapak Dirreskrimum Polda Metro Jaya untuk memanggil si pelapor ini untuk memberikan informasi terakhir apakah kasusnya dihentikan atau seperti apa,” kata Hotman.

Selain LK, ratusan pengadu lainnya juga datang di forum 911 Hotman di Surabaya. Mereka juga membawa berkas, baik terkait perkara perdata maupun pidana. Acara tersebut juga menghadirkan HS, ibu dari bocah 10 tahun asal Manado, Sulawesi Utara, yang meninggal diduga karena menjadi korban perkosaan dan penganiayaan.