Irjen Firman Beri Tips Masyarakat Bersepeda yang Aman

Korlantas Polri menggerakan program 'Cycling For Blue Sky and Road Safety'
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggerakan program 'Cycling For Blue Sky and Road Safety'. Dalam program tersebut, Korlantas mengajak masyarakat untuk berkendara aman menggunakan sepeda. 

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

"Pesan yang ingin Korlantas sampaikan dan sosialisasikan kepada masyarakat bahwa sepeda ini adalah kendaraan yang aman di jalan dan lalu lintas," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi usai bersepeda bersama jajaran dan komunitas di Jakarta, Minggu, 25 September 2022. 

Firman menjelaskan, bersepeda yang aman tentunya menggunakan alat-alat keselamatan khusus sepeda. Firman mengatakan, semua alat keselamatan itu harus terpasang lengkap saat bersepeda. 

Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

"Semuanya harus terpasang untuk mewujudkan bersepeda yang aman sampai tujuan dan tidak membahayakan diri sendiri beserta orang lain," tuturnya. 

"Kami juga mengedukasi masyarakat bahwa penggunaan transportasi ini sangat ramah untuk kegiatan sehari-hari di jalan. Bersepeda adalah juga olahraga yang menyehatkan. Tentu banyak manfaat jika kita menggunakan transportasi ini," sambung Firman. 

Pembunuh Wanita Hamil Ditangkap, Kabur ke Lampung

Lebih lanjut, Firman menyebut sepeda adalah kendaraan yang ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar penyebab polusi udara. Firman mengatakan, Korlantas Polri akan terus mengedukasi masyarakat untuk sadar akan kebersihan lingkungan. 

"Korlantas berkomitmen mengedukasi masyarakat untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara sekaligus mewujudkan perilaku sadar lingkungan," tuturnya. 

Saat bersepeda, Firman dan jajaran mengenakan baju olahraga putih bertuliskan 'Cycling for Road Safety' dan gambar rambu lalu lintas. Melalui kaos tersebut, Kakorlantas ingin mensosialisasikan aturan lalu lintas ke masyarakat seperti dilarang parkir sembarangan, Patuhi rambu lalu lintas, dan sebagainya. 

Di samping mengajak masyarakat menggunakan sepeda, Korlantas Polri juga mengadakan vaksinasi booster untuk anggota dan masyarakat umum di Gedung Djayusman Korlantas Polri, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong masyarakat yang belum divaksin. 

"Kami menyelenggarakan vaksin bagi masyarakat yang belum vaksin pertama, kedua, termasuk yang baru booster. Ditargetkan hari ini kita akan menyiapkan sampai dengan 250 dosis," pungkas Firman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya