27 Saksi Diperiksa Kasus Kecelakaan Maut di Tol Pejagan-Pemalang

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Penyidik unit laka Satlantas Polres Brebes melakukan pemeriksaan terhadap 27 saksi, termasuk tujuh pengemudi mobil yang terlibat dalam kecelakaan beruntun yang terjadi di KM 253 Ruas Tol Pejagan-Pemalang pada Minggu, 18 September 2022 lalu.

Soal Kasus Penabrakan, Teuku Rifnu Wikana dan Keluarga Pilih Jalur Damai

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, pemeriksaan saksi tersebut ditujukan untuk mengetahui secara detail apa yang terjadi dalam kecelakaan beruntun. Sebab dalam kecelakaan itu mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan 19 orang luka tersebut.

"Pemeriksaan saksi ini untuk melengkapi investigasi scientific yang juga tengah dilakukan saat ini," kata Iqbal dalam keterangan, Minggu 25 September 2022.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Kecelakaan beruntun di KM 253 ruas tol Pejagan - Pemalang.

Photo :
  • Bidhumas Polda Jateng

Iqbal merinci, untuk saksi yang diperiksa terdiri dari tujuh pengemudi mobil, satu petugas tol, tiga petugas patroli jalan tol. Kemudian tujuh petugas mobil derek, satu petugas rescue, satu petugas medis, dua pedagang di rest area 252, serta dua polisi di jalan raya.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

"Ada 7 pengemudi yang sudah menemui penyidik untuk diperiksa sebagai saksi," ungkapnya.

Adapun berdasarkan data yang dihimpun penyidik Polres Brebes, jumlah kendaraan yang terlibat kecelakaan di tol km 253 tersebut ada sembilan mobil.

"Setelah didatakan penyidik, kendaraan yang benar-benar terlibat dalam kecelakaan beruntun atau karambol di km 253 ruas tol Pejagan-Pemalang ternyata ada sembilan," terangnya.

Petugas mengevakuasi kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun di ruas Tol Pejagan-Pemalang di Brebes, Jawa Tengah, Minggu, 18 September 2022.

Photo :
  • ANTARA

Bila dirinci, sembilan kendaraan tersebut antara lain Daihatsu Xenia plat G 1301 BK, Chevrolet Spin plat D 1782 XU, Truk Box Isuzu plat B 9076 UCG, Honda Civic plat B 27 SLI. Kemudian, Toyota Innova plat G 9133 QC, Toyota Calya plat B 1466 UIK, Toyota Fortuner plat H 1236 IP, Mitsubishi Expander H 8538 YP, serta Suzuki Ertiga plat B 1781 DS.

"Rata-rata kondisinya mengalami kerusakan serius," ucapnya.

Iqbal menuturkan, penyidik laka lantas saat ini tengah mendalami bukti CCTV, hasil keterangan saksi, olah TKP beserta sejumlah temuan lain di lapangan. Dari hasil pendalaman, akan digabungkan serta dibahas dalam forum gelar perkara.

Iqbal mengimbau agar pengguna kendaraan di jalan tol mematuhi batas kecepatan, selalu menjaga jarak antar kendaraan serta tetap waspada saat mengemudi.

"Manfaatkan juga rest area bila pengemudi mengantuk atau merasa lelah. Bila semua aturan dipatuhi, maka potensi kecelakaan dapat dikurangi," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya