Dugaan Penyebab Kecelakaan Beruntun di Tol Pandaan Malang

Peristiwa kecelakaan maut terjadi di Jalan Tol KM 77 Malang-Surabaya.
Peristiwa kecelakaan maut terjadi di Jalan Tol KM 77 Malang-Surabaya.
Sumber :
  • tvOne-Edy Cahyono

VIVA Nasional - Kecelakaan beruntun yang melibatkan bus Restu tujuan Malang-Surabaya dengan empat kendaraan lainnya terjadi di Tol Malang-Pandaan, Jawa Timur, pada Minggu sore, 25 September 2022. Satu orang tewas imbas kecelakaan tersebut yakni sang sopir Bus Restu.

Perwira Unit Patroli Jalan Raya (Panit PJR) Tol Jatim 4 Ipda Wawan menjelaskan kronologi kecelakaan merujuk keterangan dari kernet bus. Dia mengatakan awal kecelakaan beruntun diduga saat Bus Restu Panda hendak menyalip dari kiri ke kanan.

Padahal, saat itu, ada beberapa kendaraan di depan bus yang tengah jalan melambat lantaran ada evakuasi kecelakana tunggal di KM 76.

“Kemudian terjadilah laka menabrak Xenia putih, nabrak truk tangki, terus nabrak lagi truk tangki. Yang Xenia sampai putar balik dan ringsek parah. Odyssey bemper kirinya ketabrak,” kata Wawan dikutip dari tvOnenews, Senin, 26 September 2022.

Kondisi bus Restu dan empat kendaraan lainnya yang terlibat kecelakaan beruntun.

Kondisi bus Restu dan empat kendaraan lainnya yang terlibat kecelakaan beruntun.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

Namun, untuk posisi tangki belum diketahui dalam kondisi berhenti atau melaju saat kecelakaan. Saat itu, petugas juga sudah mengevakuasi semua korban dari kecelakaan maut itu termasuk yang luka ringan ke gerbang Tol Purwodadi.

Sementara, Kasat Lantas Polres Malang AKP Agnis Juwita menyampaikan diduga bus Restu melaju di jalur kanan dari arah selatan ke utara dengan kecepatan tinggi. Adapun di lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) bus tersebut berpindah ke lajur sebelah kiri.