Jenderal Dudung Tak Dampingi Prabowo-Andika Usai Rapat di DPR

Rapat Kerja Komisi 1 DPR RI dengan Menhan, Panglima TNI, KASAD, KASAU, KASAL
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Dudung Abdurachman tidak berbarengan pulangnya dengan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa usai rapat kerja bersama Anggota Komisi I DPR di Gedung DPR pada Senin, 26 September 2022.

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Dalam rapat tersebut, Komisi I DPR fokus membahas anggaran 2023 bersama Menteri Pertahanan. Tampak, Prabowo diapit oleh dua orang perwira tinggi (pati) TNI berpangkat jenderal bintang empat yakni Jenderal Andika dan Jenderal Dudung.

Sebelumnya rapat pada Senin, 5 September 2022, ruang Komisi I DPR ramai mencecar soal kabar hubungan disharmoni antara Jenderal Andika dengan Jenderal Dudung. Saat itu, Dudung dan Prabowo tidak hadir karena ada tugas lain. Hingga akhirnya, Effendi Simbolon selaku Anggota Komisi I DPR menyentil Dudung dalam rapat.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca juga: Posisi Duduk Panglima TNI dan Kasad Dudung Janggal, Ini Kata DPR

Hari ini, Dudung datang tapi giliran Effendi Simbolon yang tidak hadir karena ada tugas lain dari Fraksi PDI Perjuangan. Begitu rapat selesai, Prabowo langsung keluar bersama Andika. Sedangkan, Dudung tidak tampak dalam iringan pulangnya Prabowo bersama Andika menuju mobil.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

Sementara Anggota Komisi I DPR RI, Muhammad Farhan mengungkap situasi rapat yang dihadiri oleh Menteri Prabowo, Panglima TNI Jenderal Andika dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Dudung dengan Komisi I DPR di Gedung DPR pada Senin, 26 September 2022.

Menurut dia, rapat tersebut lebih banyak membahas soal anggaran menyangkut alokasi perawatan alutsista dan penambahan anggaran sebesar Rp2,4 triliun. Hasilnya, semua peserta rapat menyetujui pembahasan anggaran 2023 untuk Kementerian Petahanan.

Rapat Kerja Komisi 1 DPR RI dengan Menhan, Panglima TNI, KASAD, KASAU, KASAL

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Full anggaran. Teknis sekali yang dibahas termasuk alokasi. Udah diketok semua,” kata Farhan.

Kemudian, Farhan menanggapi soal situasi yang sempat panas antara Jenderal Andika, Jenderal Dudung dan Anggota Komisi I DPR Fraksi PDI Perjuangan yakni Effendi Simbolon. Menurut dia, situasi rapat berjalan dengan baik.

“Saya enggak tahu ada masalah apa. Baik-baik saja. Kan mereka selesaikan sendiri antara Pak Effendi Simbolon dengan Pak Dudung,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya