Seragam Baru Polantas, Ada Kamera dan Gak Bakal Bisa '86'

Polisi lalu lintas (polantas)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan memiliki seragam baru untuk bertugas di lapangan. Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah mengatakan seragam polisi lalu lintas (polantas) akan dilengkapi dengan body camera (bodycam).

Chandrika Chika Ngaku Udah Pakai Narkoba Satu Tahun

"Untuk penggunaan seragam lalu lintas yang rencananya akan ada bodycam, teknis saya belum terinformasi sudah digunakan atau belum dan lain-lain," ujar Nurul dalam keterangannya, Selasa 27 September 2022.

Polantas Jakarta.

Photo :
  • U-Report
Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga

Menurut Nurul, seragam baru polantas yang akan dilengkapi dengan body camera itu akan digunakan personel saat bertugas di Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Unit Turjawali).

Nantinya, body camera tersebut akan menjadi alat pantauan atau pengawas situasi lalu lintas di sekitar petugas tersebut. Bahkan, body camera tersebut juga nantinya akan terintegrasi dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Penampakan Chandrika Chika Usai Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Udah Pakai Baju Oren

“Akan terintegrasi dengan ETLE atau dalam penindakan pelanggar lalu lintas sehingga mengurangi petugas kontak langsung dengan pelanggar yang rawan menimbulkan perdebatan atau peluang penyimpangan lainnya,” ujar dia.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Adapun Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen (Pol) Firman Shantyabudi menyampaikan, untuk memperbarui pakaian dinas tersebut yakni baru dibuat minimalis untuk memudahkan polantas melakukan tindakan penanganan kecelakan.

Nantinya, seragam baru itu juga merupakan modifikasi dari seragam sebelumnya, namun ada tambahan seperti atribut yang dibordir, keterkaitan dengan handy talky (HT), serta body camera.

Firman menambahkan bahwa perubahan seragam baru itu disesuaikan dengan perkembangan dan tantangan tugas yang baru.

"Kita melihat ada beberapa yang saya katakan tadi perlu penyesuaian," ucap Firman.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya