Pengukuhan Pengurus Baru, GM FKPPI Teringat Pesan Bung Karno

Pelantikan pengurus GM FKPPI periode 2021-2026.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional - Pengurus Pusat Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan TNI Polri (GM FKPPI) periode 2021-2026 resmi dikukuhkan. Turut hadir Ketua MPR yang juga Wakil Ketua Umum KB FKPPI, Bambang Soesatyo atau Bamsoet.

Ketua MPR: Putusan MK Menjadi Akhir dari Berbagai Upaya Hukum Konstitusional

Selain Bamsoet, ada juga jajaran Pembina TNI dan Kakorbinmas Baharkam Polri yang turut hadir dalam acara pengukuhan tersebut. 

Ketua Umum terpilih GM FKPPI, Shandy Mandela Simanjuntak menjelaskan pihaknya punya komitmen selaku generasi muda penerus bangsa. Dia menyinggung empat program kerja prioritas hasil Munas X FKPPI yang telah dilaksanakan pada tanggal 20-22 Desember 2021. 

Sahroni Ungkap Perbincangan Surya Paloh dengan Jokowi saat Hadiri Pernikahan Anak Bamsoet

Pun, menurutnya empat program tersebut adalah konsolidasi wawasan, konsolidasi emosional, konsolidasi organisasi, dan konsolidasi kaderisasi. Shandy bilang empat program itu harus ikut mendukung menuju 100 tahun kemerdekaan NKRI pada 2045. Sementara, RI punya visi besar yaitu Indonesia Emas 2045.

"Visi Indonesia Emas 2045 yang sering kali diucapkan membutuhkan peranan generasi pemuda. Bahkan tidak berlebihan rasanya jika pemuda disebut sebagai kunci utama untuk mewujudkan hal tersebut," kata Shandy, dalam keterangannya, Selasa, 27 September 2022.

Dorong TNI Tindak Tegas OPM, Bamsoet: Negara Tidak akan Kalah dengan Kelompok Separatis

Apel Kebangsaan Badan Bela Negara FKPPI

Photo :
  • ANTARA Foto/Aprilio Akbar

Shandy kemudian mengingat pesan Presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno. Ia menyebut kalimat Bung Karno yang dimaksud seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa merubah dunia. Maka itu, dia mengingatkan sejarah berdirinya bangsa yang besar tidak bisa dilepaskan dari peran pemuda.

"Kita bisa lihat jejak kepemudaan mulai dari masa pergerakan, lahirnya Budi Oetomo, Kongres Pemuda yang melahirkan Sumpah Pemuda. Hingga peran penting pemuda dalam melahirkan proklamasi kemerdekaan NKRI di Rengasdengklok," tutur Shandy.

Menurut dia, tidak berlebihkan jika pemuda dinilai sebagai tulang punggung, harapan, dan masa depan bangsa. Dia menyampaikan komitmen pihaknya ingin jadi barisan pemuda yang membawa bangsa Indonesia menjadi Indonesia Emas 2045.

"Dan, khususnya mewujudkan harapan dan cita-cita penerus serta senior kami, menjadi kader penerus FKPPI," sebutnya.

Adapun kepengurusan GM FKPPI peEiode 2021-2026 ini dilantik Ketua Umum KB FKPPI, Pontjo Sutowo. Susunan pengurus merujuk Munas GM FKPPI ke-X menghasilkan ketua Umum terpilih Shandy Mandela Simanjuntak.

Saat acara pengukuhan, hadir pula dilantik Sekretaris Jenderal GM FKPPI Stalino Saerang, Bendahara Umum GM FKPPI Ali Ghiffar, Dua Wakil Ketua Umum Yudhatama Ramadhan dan Andri Dewantara.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya