Jokowi Dinobatkan sebagai Pangeran Kesultanan Ternate

Presiden Jokowi dinobatkan Dada Madopo Malamo, gelar Bangsawan Kerajaan Ternate
Sumber :
  • tvOne/Ikbal Arsyad

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo dinobatkan sebagai Dada Madopo Malamo atau Pangeran Bangsawan  Keluarga Kesultanan Ternate, sekaligus Pemimpin Negara Besar yang ditopang oleh rakyat Ternate.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Gelar kehormatan itu diberikan langsung oleh Sultan Ternate ke-49, Hidayatullah Sjah. Penobatan berlangsung di keraton Kesultanan Ternate, Rabu, 28 September 2022.

Selain pengukuhan sebagai Dada Madopo Malamo dari Sultan Ternate ke-49, Presiden Jokowi juga diberikan kesempatan untuk melihat melihat isi Keraton Ternate, yang berada di Kelurahan Salero, Kecamatan Kota Ternate Utara, Kota Ternate.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Presiden Jokowi dinobatkan Dada Madopo Malamo, gelar Bangsawan Kerajaan Ternate

Photo :
  • tvOne/Ikbal Arsyad

Penganugerahan jabatan dari Kesultanan Ternate kepada Kepala Negara tersebut, disaksikan langsung oleh Gubernur Provinsi Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba dan perangkat adat Kesultanan Ternate.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Usai menerima gelar Dada Madopo Malamo dari Keselutanan Ternate, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih ke Sultan Ternate Ke-49 yang telah memberikan gelar Dada Madopo Malamo.

"Adat tradisi kearifan lokal memang kita terus jaga dan merawat, Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dikerjakan oleh Sultan Ternate," kata Presiden Jokowi

Jokowi mengapresiasi Kesultanan Ternate karena telah mampu menjaga, merawat ada tradisi nilai kearifan lokal sebagaimana yang sering disampaikan. "Berkepribadian dalam berkebudayaan," ungkapnya

Diketahui, Presiden Jokowi setelah melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Sulawesi Tenggara, hari ini Rabu 28 September melakukan kunjungan kerja ke Ternate, Maluku Utara. 

Presiden Jokowi bagi bantuan sosial di Halmahera Barat

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Agenda pertama Jokowi di Ternate pada hari ini yaitu menghadiri penganugerahan gelar adat Kesultanan Ternate. 

"Pagi ini ada beberapa kegiatan Bapak Presiden yang pertama adalah menghadiri penganugerahan gelar adat kesultanan Ternate, di sana Bapak Presiden diberikan gelar Kesultanan Ternate," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, di Ternate, Rabu 28 September 2022 

Setelah itu, Jokowi melanjutkan kunjungan ke Pasar Bahari Berkasan untuk meninjau kondisi pasar tersebut. Jokowi juga rencananya akan menyempatkan diri berdiskusi dan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat di pasar tersebut.

Laporan: Ikbal Arsyad/tvOne Ternate

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya