MA Tarik Perkara yang Diadili Hakim Agung Sudrajad Dimyati

Juru Bicara MA, Andi Samsan Nganro.
Juru Bicara MA, Andi Samsan Nganro.
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Ginanjar Mukti.

VIVA Nasional – Juru Bicara Mahkamah Agung (MA), Andi Samsan Nganro mengatakan semua perkara yang telah diadili oleh Sudrajad Dimyati (SD) akan diambil oleh hakim agung lain. 

Hal tersebut, kata Andi, sesuai dengan arahan Ketua Mahkamah Agung sejak Sudrajad Dimyati ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap perkara oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu 21 September hingga Kamis 22 September 2022 lalu. 

"Semua perkara yang berjalan atau  belum diputus-baik perkara perdata umum maupun perkara perdata khusus yang ditangani oleh pak SD apakah sebagai anggota atau ketua majelis sejak ditetapkannya sebagai tersangka, Ketua MA akan menarik perkara-perkara itu untuk selanjutnya posisi pak SD dalam majelis perkara yang bersangkutan akan diganti oleh hakim agung yang lain," kata Andi kepada wartawan, Rabu 28 September 2022. 

Ketua Mahkamah Agung Syarifuddin bersama para hakim agung

Ketua Mahkamah Agung Syarifuddin bersama para hakim agung

Photo :
  • Dok MA

Andi mengatakan bahwa Sudrajad Dimyati merupakan hakim agung yang bertugas untuk perkara perdata di Mahkamah Agung. Pihaknya kini akan melakukan penarikan perkara atau pergantian hakim agung jika perkara yang ditangani oleh Sudrajad belum putus.

"Seperti diketahui pak SD adalah hakim agung yang berada dan bertugas di kamar perdata MA. Termasuk perkara Nomor 3479 K/PDT/2022 di mana pak SD duduk sebagai anggota majelis hakim akan ditarik untuk diganti oleh hakim agung lain yang ada di Kamar Perdata. Jika perkara tersebut memang belum putus tentu termasuk perkara yang akan ditarik untuk dilakukan penggantian," ucap Andi.

Sebagai informasi, sebanyak 10 orang ditetapkan jadi tersangka dalam kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).