Pecat Ferdy Sambo, Polri Sudah Benar dan Sesuai Aturan

Irjen Ferdy Sambo (tengah)
Irjen Ferdy Sambo (tengah)
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional - Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri Ferdy Sambo dikabarkan melayangkan gugatan terkait pemecatannya ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Sambo gugat ke PTUN lantaran upaya banding atas pemecatannya ditolak Komisi Kode Etik Polri (KKEP).

Ketua Koordinator Jaringan Aktivis Nusantara, Romadhon Jasn menyoroti langkah Sambo soal kabar gugat ke PTUN. Meski menurutnya, upaya itu merupakan hak Sambo.

Menurut dia, jika Sambo benar gugat ke PTUN juga untuk menguji apakah keputusan yang dikeluarkan Polri sudah sesuai atau belum. Adapun Surat Keputusan atau SK Kapolri tentang Pemecatan Sambo tentu bakal jadi objek yang digugat ke PTUN.

Ferdy Sambo saat jalani rekonstruksi pembunuhan Brigadir J

Ferdy Sambo saat jalani rekonstruksi pembunuhan Brigadir J

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pun, dia menilai langkah Polri yang memecat Sambo secara tidak hormat sudah benar dan sesuai aturan. Romadhon mengaku mengikuti dan mengamati kasus Sambo yang diduga membunuh ajudannya, Novriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

"Keputusan tentang pemecatan tidak dengan hormat kepada Irjen Pol Ferdy Sambo sesuai dengan aturan hukum sebagaimana diatur dalam Perkap Nomor 7 tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Etik," kata Romadhon, dalam keterangannya, Kamis, 29 September 2022.

Dia menamnbahkan, pemecatan terhadap Sambo juga menyesuaikan mekanisme serta aturan hukum yang berlaku. Ia bilang langkah Polri memecat Sambi tak bertentangan dengan hukum.

Halaman Selanjutnya
img_title