Selain Lubang Buaya, 3 Tempat di Jawa Timur Jadi Saksi Kekejaman PKI

Monumen Kresek, Madiun
Monumen Kresek, Madiun
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dodi Handoko

VIVA Nasional– Ada tiga tempat di Jawa Timur yang dikenal sebagai salah satu lokasi pembantaian Partai Komunis Indonesia (PKI). Indonesia memang dikenal mempunyai sejarah kelam mengenai Partai Komunis Indonesia atau yang akrab disebut PKI. PKI adalah partai politik yang sudah bubar dan dinyatakan sebagai partai terlarang. 

Kekejaman PKI di Indonesia masih lekat di ingatakan sampai saat ini. Gerakan PKI tersebut sudah menghilangkan ratusan bahkan ribuan nyawa melayang. Nah, beberapa tempat di Jawa Timur ini dikatakan sebagai lokasi pembantaian oleh PKI. Tak heran, tempat-tempat yang dimaksud diselimuti dengan hawa mistis dan angker. 

1. Monumen Kresek

Monumen Kresek, Madiun

Monumen Kresek, Madiun

Photo :
  • VIVA.co.id/Dodi Handoko

Lokasinya berada di lereng Gunung Wilis, tepatnya di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Di tempat ini, diperkirakan ada 2.000 warga yang menjadi korban kekejaman Partai Komunis Indonesia alias PKI. 

Mereka dibunuh orang yang disebut simpatisan PKI. Kini, untuk mengenang kekejaman itu, dibangun sebuah monumen. Di monumen itu ada patung dua orang dengan posisi yang satu tengah berdiri dan yang satunya dalam posisi jongkok seperti akan dipenggal. 

2. Coba Talun

Halaman Selanjutnya
img_title