Kamaruddin Desak JPU Menahan Putri Candrawathi

Pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak.
Pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito.

VIVA Nasional – Pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak mengatakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) harus menahan Putri Candrawathi. Selama ini, Putri merupakan satu-satunya tersangka pembunuhan berencana Brigadir J yang tak ditahan karena alasan kemanusiaan.

"Harus, harus ditahan. Sebab, alasan polisi tidak menahan PC karena alasan kemanusiaan seolah-olah yang lain yang ditahan itu margasatwa. Hanya Putri yang manusia, sehingga berlaku buat dia kemanusiaan," ujar Kamaruddin kepada wartawan, Kamis, 29 September 2022.

"Padahal, semua yang ditahan itu di rutan-rutan lain, di penjara itu, semua manusia. Kenapa alasan kemanusiaan tidak berlaku buat yang di Aceh, Sumut, Palembang, Riau, Kalimantan, Jawa sampai Papua sana. Kenapa hanya buat PC berlaku alasan kemanusiaan, bukankah yang lain juga manusia?" sambungnya.

Tersangka Ferdy Sambo bersama istrinya, Putri Candrawathi.

Tersangka Ferdy Sambo bersama istrinya, Putri Candrawathi.

Photo :
  • (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU)

Kamaruddin lantas merujuk pada hukum Indonesia yang berdasarkan konstitusi. Menurutnya, dalam Pasal 27, setiap orang sama di hadapan hukum sehingga inilah yang harusnya menjadi rujukan agar Putri Candrawathi ditahan.

"Setiap orang sama di hadapan hukum Pasal 27 konstitusi, maka PC harus juga ditangkap dan ditahan oleh Kejagung setelah P21. Kecuali mereka sudah terima amplop karena akan diterima nanti 'hey sudah terima amplop loh'," tandas Kamaruddin.

Diberitakan sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) RI belum memutuskan apakah akan melakukan penahanan atau tidak terhadap tersangka Putri Candrawathi yang terseret kasus pembunuhan Brigadir Nofryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Saat ini, berkas perkara pembunuhan berencana Putri Candrawathi telah dinyatakan lengkap atau P21. Nantinya, Putri bersama keempat tersangka lain akan diserahkan ke kejaksaan untuk selanjutnya disidangkan.