Hujan Deras Rendam Puluhan Rumah di Distrik Uwapa Nabire Papua

Mobil Ambulance keseret banjir di nabire Papua.
Sumber :
  • Dok. Humas Polda Papua

VIVA Nasional – Hujan deras yang terjadi sejak Selasa 27 September 2022 lalu, telah membuat sejumlah rumah di Distrik Uwapa, Kabupaten Nabire, Papua, terendam banjir hingga ketinggian 1 meter hingga 1,5 meter.

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Banjir itu melanda enam kampung yang ada di Distrik Uwapa yakni Kampung Marga Jaya, Kampung Topo, Kampung Urumusu, Kampung Argo Mulyo, Kampung Topo Jaya dan Kampung Gamey Jaya.

"Dari keenam kampung tersebut terdapat empat kampung yang terendam banjir, yakni Kampung Topo yang berasal dari Luapan kali Topo dan kali Lepki berdampak pada Mako Polsek Uwapa pada pukul 02.30 WIT ketinggian air 40 cm serta tertutupnya ruas jalan pada KM 31, Kemudian di Kampung Urumusu yang berdampak pada tertutupnya ruas jalan pada KM 36 akibat meluapnya air dari jembatan Kalibumi dengan ketinggian air sekitar 1 meter dan 1.5 meter," jelas Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, Kamis, 29 September 2022.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

Baca juga: Kamaruddin ke 2 Eks KPK Pembela Sambo: Jangan Rancang Kebohongan

Lebih lanjut Kombes Kamal menjelaskan yang ketiga di Kampung Argo Mulyo adanya tiga rumah warga milik bernama Soleh, Mursidi dan Rosik yang terendam air dengan ketinggian 1 meter hingga 1.5 meter. 

Viral Video Detik-detik Seekor Kucing Diselamatkan di Tengah Banjir Melanda Dubai

Sementara banjir di Kampung Topo Jaya yang menutup ruas jalan menuju Kampung Topo Jaya akibat meluapnya sungai Kali bumi dan kali jernih dengan ketinggian air 1-2 meter.

"Untuk dua kampung lainnya yakni Kampung Marga Jaya dan Kampung Gamey Jaya masih terpantau aman dan terhindar dari banjir,” imbuhnya.

Ilustrasi banjir.

Photo :
  • Prabu Adie/VIVA.co.id

Kamal menyampaikan, pada Rabu kemarin pukul 16.00 WIT telah tiba Bantuan CBP (Cadangan Beras Pemerintah) melalui Dinas Sosial Kabupaten Nabire sebanyak 1,5 ton dan untuk saat ini ditampung di Polsek Uwapa sebagai bantuan untuk para warga yang terdampak banjir. 

Dirinya menyebutkan, untuk sementara kerugian materil akibat banjir tersebut masih didata. “Untuk para warga yang berada di rumah masing-masing agar lebih berhati-hati bila curah hujan lebat. Tetap waspada dan saling menjaga keluarga masing-masing," jelas Kombes Pol Kamal.

Pasca terjadinya hujan lebat pada Selasa 27 September 2022 di Distrik Uwapa, Polres Nabire terus melakukan pemantauan terhadap dampak dari hujan tersebut. Pemantauan tersebut dilakukan karena adanya beberapa kampung di Distrik Uwapa yang terendam banjir.

"Kami lakukan pemantauan terhadap dampak hujan lebat kemarin karena terdapat beberapa kampung yang terendam dan adanya ruas jalan yang tertutup oleh banjir,” ucap Kamal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya