Cerita Aktivis Aceh Farwiza Farhan Bisa Masuk TIME100 Next 2022

Farwiza Farhan.
Farwiza Farhan.
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi.

VIVA Nasional – Farwiza Farhan, aktivis lingkungan sekaligus konservasionis hutan asal Aceh, merasa kaget saat dirinya masuk dalam daftar TIME100 Next 2022. Bahkan dirinya mengetahui hal itu dari koleganya.

“Saya kaget ini benaran terjadi. Mau nangis rasanya, pokoknya tidak tahu bilang lagi, seolah-olah saya superhero padahal saya bukan superhero sama sekali,” kata Farwiza Farhan kepada wartawan, Kamis, 29 September 2022.

Ia menceritakan, awalnya ia mendapat email dari TIME bahwa dirinya masuk dalam nominasi TIME100 Next 2022. Saat itu ia tengah sakit DBD. Sehingga ia meminta bantuan ke rekannya untuk membalas email tersebut.

Farwiza Farhan.

Farwiza Farhan.

Photo :
  • Twitter/Time.

Farwiza berpikiran saat itu tidak mungkin dirinya terpilih jadi sosok inspiratif versi TIME. Namun, ia tetap berusaha membalas email tersebut hingga melakukan photoshoot saat dalam kondisi sakit.

“Saya terkejut saat itu saya lagi terbaring di rumah sakit dalam keadaan DBD dan trombosit lagi turun-turunnya. Dalam hati gak mungkinlah saya terpilih, siapalah saya ini, hanya orang biasa yang lahir dan besar di Banda Aceh,” katanya.

Menurutnya penghargaan itu juga seharusnya diberikan kepada lembaga di Aceh yang berjuang setiap hari untuk melindungi kawasan ekosistem Leuser, mulai dari mereka yang fokus advokasi, berjuang di pengadilan hingga yang setia berada di hutan yang kerap mendapat teror dan ancaman dari perambah hutan.