Jokowi: Referendum 4 Wilayah Ukraina Buat Perang Makin Sulit Diakhiri

Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo turut memberikan respon mengenai referendum empat wilayah di Ukraina. Adanya hal tersebut menurut Jokowi membuat perang antara Ukraina dan Rusia semakin sulit diselesaikan.

Perang yang tak kunjung usai akan mempengaruhi kondisi ekonomi di seluruh dunia. Krisis ekonomi global yang terjadi akan semakin rumit untuk dihadapi.

"Apalagi urusan perang di Ukraina lebih sulit lagi dihitung kapan selesainya, referendum yang kemarin dilakukan di 4 wilayah ukraina, di Donetsk, zaporizhzhia, Kherson, Lugansk, makin merumitkan lagi kapan akan selesai dan imbasnya ke ekonomi seperti apa makin rumit," kata Jokowi Kamis 29 September 2022

VIVA Militer: Tentara Rusia mengawal proses referendum Ukraina

VIVA Militer: Tentara Rusia mengawal proses referendum Ukraina

Photo :
  • aljazeera.com

Dalam menghadapin kondisi krisis ekonomi global ini, Jokowi meminta semua elemen di tanah air kompak dan bersatu. Dia meyakini apabila semua pihak bersatu dan kompak maka Indonesia akan mampu melewati berbagai macam kesulitan yang akan terjadi.

"Harus bersatu dari pusat provinsi kabupaten kota sampai ke bawah, dan semua kementerian lembaga seperti saat kita kemarin menangani Covid, kalau Covid bisa bersama-sama, urusan inflasi ini kita harus bersama-sama," ujar Jokowi

Diberitakan sebelumnya, Empat wilayah Ukraina yang diduduki Rusia telah memberi suara yang sangat besar untuk bergabung dengan Federasi Rusia, menurut media pemerintah Rusia. Namun Ukraina dan mitra internasionalnya telah menolak referendum yang sangat kontroversial sebagai penipuan dan pelanggaran serta manipulasi terhadap hukum internasional.