BMKG: Siklon Tropis Tak Pengaruhi Cuaca di NTT

Kepala BMKG Stasiun El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi.
Sumber :
  • ANTARA/Bernadus Tokan

VIVA Nasional – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi mengatakan, kemunculan siklon tropis saat ini tidak mempengaruhi cuaca di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Siswi SMA Negeri 2 Maumere Dilarang Ikut Ujian Gegara Nunggak Rp50 Ribu

"Wilayah NTT tidak dipengaruhi oleh adanya siklon yang terjadi di utara saat ini," kata Agung Sudiono Abadi, di Kupang, Jumat, 30 September 2022.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan peringatan terkait potensi cuaca ekstrem di seluruh wilayah Indonesia, terutama dengan kemunculan siklon tropis.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Ilustrasi siklon tropis

Photo :
  • ANTARA/HO-BMKG

Menurut dia, saat ini wilayah Nusa Tenggara Timur sedang memasuki masa peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Selain itu, terdapat pula gelombang atmosfer yang aktif sejak 27 September 2022 dan diperkirakan masih akan aktif hingga tiga hari ke depan.

Kondisi ini didukung dengan kelembapan udara cukup basah di tiap lapisan atmosfer, sehingga menyebabkan sebagian wilayah NTT berpotensi hujan ringan–lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Ilustrasi hujan

Photo :
  • VIVA/Satria Zulfikar

Dalam hubungan dengan itu, dia mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai angin kencang yang terjadi pada sore hari serta petir yang dapat membahayakan keselamatan.

Masyarakat, kata dia, diharapkan tetap meng-update informasi resmi yang dikeluarkan BMKG, dan tidak mempercayai informasi tentang cuaca yang menyesatkan. (Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya