Kapolri: Ferdy Sambo Sudah Bukan Anggota Polri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan pejabat Polri preskon kasus Brigadir J
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

VIVA Nasional – Polri menegaskan Ferdy Sambo tidak lagi bagian dari Korps Bhayangkara usai bandingnya terhadap sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) ditolak. 

Jenderal hingga Pemred Ikut Lomba Tembak Kapolri Cup 2024

"Oleh karena itu status FS secara resmi sudah bukan anggota Polri," ujar Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers, Jumat, 30 September 2022.

Menurut Listyo, Istana telah mengeluarkan keputusan administrasi soal pemecatan Ferdy Sambo. Dengan demikian sudah jelas bahwa Ferdy Sambo bukan lagi anggota Polri.

Pegi Setiawan Mengaku Dipukul dan Diancam, Kapolri Bicara Pasca Pegi Menang Praperadilan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Status FS, beberapa waktu yang lalu, kita kirimkan surat penolakan banding yang bersangkutan, untuk proses PTDH, dan barusan keputusan PTDH dari Istana sudah dikeluarkan," katanya.

Kapolri Beberkan Langkah Polri Selanjutnya Usai Putusan Pengadilan Bebaskan Pegi Setiawan

Sebelumnya diberitakan, berkas pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) atau pemecatan terhadap mantan Kadiv Propam Polri Inspektur Jenderal Ferdy Sambo, sudah diterima oleh pihak Istana. 

Selanjutnya, berkas tersebut ditindaklanjuti oleh Sekretariat Negara untuk segera diterbitkan Keputusan Presiden atau Keppres pemberhentian Ferdy Sambo.

Ferdy Sambo, Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kabarnya, saat ini terkait Keppres pemecatan Ferdy Sambo tersebut telah selesai dan telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan, salinan Keppres itu saat ini sudah dikirim ke Asisten SDM Polri.

"Sudah ditandatangani dan sudah dikirim ke ASDM Polri," kata Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) Laksamana Muda TNI Hersan, ketika dikonfirmasi oleh awak media, Jumat, 30 September 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya