Teroris MIT Terakhir yang Tewas Ditembak Terlibat 10 Kasus Pembunuhan

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulawesi Tengah Kombes Pol Didik Suprano Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulawesi Tengah Kombes Pol Didik Supranoto
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulawesi Tengah Kombes Pol Didik Suprano Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulawesi Tengah Kombes Pol Didik Supranoto
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional – Anggota kelompok terorisme Mujahidin Indonesia Timur (MIT) bernama Askar alias Jaid alias Pak Guru, akhirnya ditembak mati di Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng). Askar sebelumnya terlibat 10 kasus pembunuhan warga sipil, lalu kemudian kabur dan masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO.

Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Didik Supranoto mengatakan, bahwa Satgas Madago Raya menembak mati Askar di Desa Kawende, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Poso pada Kamis 29 September 2022 sekitar pukul 18.20 Wita.

"Askar alias Pak Guru merupakan DPO yang terlibat dalam 10 kasus pembunuhan warga sipil," ujar Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Didik Supranoto, saat dimintai konfirmasi, Jumat 30 September 2022.

Didik menjelaskan, bahwa kasus kriminal yang dilakukan Askar telah terjadi 10 kali dan itu dilakukan pada 3 daerah di Sulteng. Dari catatan yang kasusnya, 10  pembunuhan tersebut terjadi dalam kurun waktu 2017 hingga 2021.

"Rentan waktunya itu sejak 2017 hingga 2021 ada 10 kasus yang terjadi di Kabupaten Poso, Sigi dan Parigi Mautong," ungkap Kombes Didik.

Selain menembak mati Askar, Satgas Madago Raya juga menyita sejumlah barang bukti berupa senjata dan bom lontong.

"Ada juga 3 bom lontong, 1 pucuk revolver dan tas berisi perlengkapan yang disita," katanya.