Komnas HAM Jelaskan Konteks Pertemuan Dengan Lukas Enembe

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara (kanan)
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara (kanan)
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA Nasional – Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara menjelaskan konteks pertemuan Komnas HAM dengan Gubernur Papua Lukas Enembe beberapa waktu lalu. Hal ini disampaikan Beka pasca dicecar anggota Komisi III DPR terkait pertemuan tersebut saat mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Komisioner Komnas HAM periode 2022-2027 di Komisi III DPR, Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 30 September 2022.

“Terkait dengan Pak Lukas Enembe, memang betul saya bersama Ketua Komnas dan juga bersama komisioner yang lain ketemu dengan Pak Lukas Enembe di kediaman pribadinya. Dan ada misi sebenarnya kenapa kemudia kami ke Papua,” kata Beka, Jumat

Gubernur Papua Lukas Enembe saat menunjukkan obat yang dipakainya.

Gubernur Papua Lukas Enembe saat menunjukkan obat yang dipakainya.

Photo :
  • Tangkapan Layar video.

Beka mengatakan, pihaknya ke Papua bukan dalam misi utama bertemu Lukas Enembe terkait kasus korupsi yang menjeratnya. Komnas HAM, terang dia, memiliki 2 misi besar ke Papua ketika itu. Pertama, kata dia, Komnas menjalankan dialog damai yang sudah berjalan intensif sejak awal tahun ini.

“Kami bertemu dengan beberapa kelompok bersenjata, kemudian bertemu juga dengan kelompok politik untuk mengajak mereka bertemu, kemudian merundingkan beberapa hal yang harus diperbaiki. Target utamanya adalah menurunkan angka kekerasan di Papua dan juga yang kedua, memperbaiki kondisi pengungsi di Papua. Saya kira 2 hal pokok itulah yang kemudian mengemuka,” ujarnya.

Misi kedua, menurut Beka, berkoordinasi terkait perkembangan investigasi kasus mutilasi warga di Timika dan meninggalnya warga di Mappi oleh anggota TNI. “Kedua, adalah koordinasi dan juga pengembangan terkait investigasi kasus mutilasi yang di Timika dan kasus meninggalnya warga di Mappi oleh anggota TNI,” ujarnya.

Massa pendukung Gubernur Papua Lukas Enembe di Mako Brimob Polda Papua

Massa pendukung Gubernur Papua Lukas Enembe di Mako Brimob Polda Papua

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan