67 Kali Gempa di Tapanuli Utara, BMKG: Kalau Rumah Retak Jangan Pulang

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mencatat sudah 67 kali gempa susulan yang terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Namun, gempa susulan tersebut dengan kekuatan sangat rendah, sehingga tidak menghasilkan nguncangan seperti gempa pertama. BMKG Wilayah I Medan masih terus melakukan pemantauan gempa bumi tersebut.

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.

Photo :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana
Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

Dalam catatan BMKG, gempa terakhir terjadi pukul 09.50 WIB. Meski gempa susulan tidak kencang, tetapi tetap warga perlu waspada.

"Sekali kami imbau, baru saja terjadi gempa dini hari tadi. Untuk itu, tetap tenang dan waspada gempa susulan yang melemah," ucap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati kepada wartawan, Sabtu pagi, 1 Oktober 2022.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Dwikorita meminta kepada warga untuk tidak pulang ke rumah dulu apabila  kondisi bangunan rumahnya dalam keadaan retak-retak. Hal ini untuk mengantisipasi tertimpa bangunan

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

"Dalam kondisi baik, retak tidak berarti silakan kembali. Kalau sudah mengkhawatirkan jangan dulu pulang," ucap Dwikorita.

Dia meminta warga untuk menjauh lereng dan perbukitan karena kondisi sedang kerap hujan turun. Sehingga untuk mengantisipasi terjadi longsor akibat gempa bumi tersebut.

"Kemudian, warga atau masyarakat untuk tidak terpancing isu-isu tidak bersumber dan silakan terus akses BMKG atau sosial media BMKG," kata Dwi.

Kronologi gempa

Sebelumnya, Gempa bumi terjadi di Tapanuli Utara, Pusat gempa berada di darat, 15 km barat laut Tapanuli Utara. Dengan kekuatan gempa Magnitudo 6.0.Lokasi gempa pada 2.13 Lintang Utara, 98.89 Bujur Timur atau sejauh 15 km Barat Laut Tapanuli Utara pada kedalaman 10 kilometer.

ilustrasi seismograf pencatat gempa

Photo :
  • vstory

Dirasakan di Tarutung Sumut VI MMI, Singkil-Aceh IV MMI, Tapaktuan-Aceh III MMI, Gunung Sitoli-SUMUT III MMI.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya