ISESS Sesalkan Penggunaan Gas Air Mata dalam Kerusuhan Kanjuruhan

Suasana Stadion Kanjuruhan usai Arema FC vs Persebaya
Sumber :
  • Viva/Lucky Aditya

VIVA Nasional – Usai kerusuhan usai laga derby Jawa Timur Arema FC VS Persebaya banyak pihak menyayangkan penggunaan gas air mata yang digunakan petugas Kepolisian. Proses pengamanan menggunakan gas air mata saat ribuan suporter memasuki tengah lapangan.

Kondisi Terkini Wonderkid Timnas Indonesia Ronaldo Kwateh Usai Lama Tak Terdengar Kabarnya

Khairul Fahmi, Co-Founder Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) mengaku berduka atas kejadian yang memakan ratusan orang yang seharusnya tidak terjadi. Namun, dirinya meminta agar adanya investigasi terhadap kejadian tersebut.

"Perlu diinvestigasi seksama, dugaan bahwa aparat kepolisian mengabaikan ketentuan FIFA yang melarang penggunaan senjata api dan gas air mata. Apalagi penggunaan gas air mata untuk penghalauan saat itu kurang mempertimbangkan keadaan," ujar Fahmi kepada tvonenews, Minggu 2 Oktober 2022.

Mantan Pemain Malaysia Puji Timnas Indonesia: Mereka Kerja saat Kami Istirahat

Kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Arema vs Persebaya

Photo :
  • (Foto AP/Yudha Prabowo)

Fahmi menilai adanya kegagalan perintah yang dilakukan oleh pihak keamanan yang telah memberikan perintah yang tidak tepat menghadapi suporter.

Terpopuler: Justin Hubner Diganti Bek Persib, Timnas Indonesia Disorot FIFA

"Kegagalan analisis situasi secara cepat di tengah keterbatasan waktu dan jumlah personel di arena, telah melahirkan perintah yang tidak tepat dan memicu kepanikan. Hal ini berkontribusi besar mengakibatkan situasi makin buruk. Hingga terjadilah tragedi memilukan," terangnya.

Mengutip aturan FIFA dalam FIFA Stadium Safety and Security Regulations pada pasal 19 poin b benar disebutkan bahwa sama sekali tidak diperbolehkan mempergunakan senjata api atau gas pengendali massa (gas air mata) di dalam Stadion.

Sepak Bola Palestina

Asosiasi Sepak Bola Palestina Serukan Sanksi Terhadap Tim Israel pada Pertemuan FIFA

Sebuah proposal dari Asosiasi Sepak Bola Palestina kepada 211 federasi anggota FIFA menyerukan sanksi yang sesuai terhadap tim-tim Israel, menurut dokumen FIFA.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024