Mahfud MD ke Kapolri: Segera Umumkan Tersangka Tragedi Kanjuruhan!

Menko Polhukam Mahfud MD.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irfan

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, mengatakan bahwa Pemerintah telah mengambil sejumlah langkah untuk mengusut peristiwa kericuhan di stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu 1 Oktober 2022. Pertama adalah membentuk Tim Gabungan Independena Pencari Fakta atau TGIPF.

Bergerak Cepat, Bea Cukai Kudus Kembali Temukan Dua Bangunan Tempat Produksi Rokok Ilegal

Selain itu, Pemerintah juga menginstruksikan kepada Kapolri untuk segera mengumumkan siapa pelaku tindak pidana dari peristiwa yang menewaskan ratusan supporter klub sepak bola tersebut. Mahfud meminta Polri segera menindak tegas pelaku tindak pidana dalam peristiwa kelam tersebut.

"Segera diumumkan siapa pelaku Pidana dari ini yang sudah memenuhi syarat untuk segera ditindak," kata Mahfud MD usai Rapat Koordinasi Khusus membahas tragedi Kanjuruhan di Kantor Kemenko Polhukam, Senin 3 Oktober 2022

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Arema vs Persebaya

Photo :
  • (Foto AP/Yudha Prabowo)

Menurut Mahfud, masyarakat perlu taha siapa yang melakukan tindak pidana dalam peristiwa tersebut. Selain itu juga dia meminta kepada Polri agar melakukan evaluasi penyelenggaraan keamanan dalam setiap pertandiangan sepak bola.

72 Narapidana Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI

"Dan diminta agar Polri melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan keamanan di daerah setempat," ujar Mahfud

Pemerintah juga menginstruksikan kepada Panglima TNI untuk menindak prajurit TNI apabila ditemukan adanya dugaan pelanggaran. Setiap anggota yang berlebihan atau tidak sesuai prosedur dalam melaksanakan tugas, perlu diberikan sanksi tegas.

"Kepada Panglima TNI, juga diminta melakukan tindakan cepat sesuai dengan aturan yang berlaku, karena di dalam video-video yang beredar, ada juga TNI yang nampaknya melakukan tindakan berlebih dan berada di luar kewenangannya, apakah video itu benar atau tidak, Panglima TNI akan segera meneliti dan mengemukakannya kepada kita semua," ujar Mahfud.

Kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Arema vs Persebaya

Photo :
  • (Foto AP/Yudha Prabowo)

Seperti diketahui, 125 orang meninggal usai pertandingan Sepak Bola antara kesebelasan Arema FC versus Persebaya. Melayangnya ratusan jiwa dalam tragedi tersebut tak lepas dari aksi kericuhan suporter Aremania yang nekat masuk ke lapangan usai pertandingan. 

Mereka kesal karena tim yang dibelanya (Aremania) kalah tipis 2-3 dari Persebaya. Kericuhan yang disulut kekesalan suporter itu memicu pertikaian dengan aparat kepolisian yang berusaha meredam kekacauan. 

Hingga kemudian gas air mata pun dilontarkan pihak kepolisian ke kubu suporter di area lapangan dan tribun. Hal tersebut semakin memperparah kejadian, sehingga banyak dari Aremania yang terluka, pingsan, terinjak dan meninggal dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya