Kapolri Copot Kapolres Malang

AKPB Ferli Hidayat
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Kapolres Malang, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), Ferli Hidayat. Pencopotan tersebut sebagai buntut kasus dari kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. 

Kapolres-Wali Kota Jaksel Kompakan Patroli Malam Takbiran Pakai Motor

AKBP Ferli Hidayat dimutasikan sebagai perwira menengah (pamen) Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri dan digantikan oleh AKBP Putu Kholis Aryana yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Tanjung Priok, Polda Metro Jaya. Hal tersebut tertuang dalam Surat Telegram nomor ST 2098/KEP/2022.

Menpora dan Kapolri bertolak ke Malang

Photo :
  • Kemenpora
Upaya Polri Identifikasi Korban Kecelakaan Maut di KM 58 Tol Cikampek

"Malam ini bapak Kapolri mengambil suatu keputusan memutuskan berdasarkan Surat Telegram nomor ST 2098/KEP/2022 menonaktifkan sekaligus mengganti kapolres malang AKBP Ferli Hidayat dimutasikan sebagai pamen SSDM Polri," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Senin 3 Oktober 2022.

Sebagai informasi, tragedi Kanjuruhan menyebabkan ratusan orang meninggal dunia. Versi kepolisian, ada 125 yang jadi korban meninggal. Sedangkan menurut Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, total ada 131 orang.

Kecelakaan Maut Km 58 Cikampek, Kapolri Tegaskan Contraflow Tetap Dibutuhkan

Kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Arema vs Persebaya

Photo :
  • (Foto AP/Yudha Prabowo)

100 lebih nyawa manusia melayang usai menyaksikan pertandingan pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya. Ini menjadi pukulan telak bagi sepakbola Indonesia.

Adapun pihak Dedi juga  mengatakan akan memeriksa beberapa saksi terkait insiden Kanjuruhan Malang, pasca pertandingan Arema FC kontra Persibaya Surabaya pada Sabtu 1 Oktober 2022 lalu. Salah satunya ialah Direktur PT Liga Baru Indonesia (LIB). 

"Update hari ini, tim investigasi Polri dari Bareskrim akan lakukan pemeriksaan beberapa saksi diantara lain dari direktur LIB (Liga Indonesia Baru), kemudian ketua PSSI Jatim (Jawa Timur), kemudian ketua panitia penyelenggara dari Arema, kemudian Kadispora Prov jatim, yang insyaallah akan dimintai keterangan oleh penyidik hari ini," kata Dedi dalam konferensi pers, di Malang, Jawa Timur, Senin 3 Oktober 2022.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Dedi juga mengatakan bahwa Labfor Polri masih lakukan pemeriksaan terhadap 32 titik CCTV di sekitar stadion Kanjuruhan dan beberapa lokasi sekitarnya. 

Tidak hanya itu, Labfor Polri juga memeriksa terhadap enam gawai yang ditemukan di TKP. Diketahui, tiga dari temuan gawai terdesut merupakan gawai milik korban insiden Kanjuruhan. 

"Kemudian juga melakukan analisa terhadap dua devider dan 3 handphone lagi masih diproses karena tiga handphone tersebut dipasword jadi agak sulit nanti akan didalami juga oleh Tim Labfor," kata dia.

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat jadi warga kehormatan Aremania

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya

Tim Inafis Polri, lanjut dia, juga bekerja sama dengan Tim Disaster Victim Identification (DVI) guna mengidentifikasi korban meninggal dalam insiden ini. Dedi juga menjelaskan pihaknya menggandeng Perhimpunan Kedokteran Forensik dari Jawa Timur dalam mengidentifikasi korban. 

"Alhamdulillah sudah clear tadi malam dan semua korban yang meninggal dunia sudah diambil oleh pihak keluarga," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya