Kasus Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Naik Penyidikan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo konferensi pers di Stadion Kanjuruhan.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya (Malang)

VIVA Nasional - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah resmi menaikan status tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, dari penyelidikan menjadi penyidikan. Hal tersebut disampaikan oleh Kadiv Humas Irjen Pol Dedi Prasetyo saat konferensi pers di Malang, Jawa Timur, pada Senin, 3 Oktober 2022.

KPK Bakal Terbitkan Sprindik Baru Terhadap Eddy Hiariej

"Dari hasil pemeriksaan tersebut tim melakukan gelar perkara dari hasil gelar perkara meningkatkan status dari penyelidikan menjadi penyidikan," kata Dedi saat konferensi pers di Malang.

Kapolri Copot Kapolres Malang

Gandeng Kejaksaan dan Imigrasi, Bea Cukai Siap Optimalkan Pengawasan

Sebagai informasi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Kapolres Malang, Ajun Komisaris Besar Polisi, Ferli Hidayat. Pencopotan tersebut sebagai buntut kasus dari kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Tragedi Kanjuruhan Malang (Foto/VIVA.co.id)

Photo :
  • vstory
Usai Naik Sidik, Bareskrim Bakal Panggil Korban Pemalsuan Dokumen Eks Gubernur Sumsel

AKBP Ferli Hidayat dimutasikan sebagai perwira menengah (pamen) Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri dan digantikan oleh AKBP Putu Kholis Aryana yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Tanjung Priok, Polda Metro Jaya. Hal tersebut tertuang dalam Surat Telegram nomor ST 2098/KEP/2022.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi, Nico Afinta menonaktifkan 9 anggota Brimob yaitu di antaranya menjabat sebagai Komandan Batalyon (Danyon), Komandan Kompi (Danki) dan Komandan Pleton (Danton).

Hal tersebut disampaikan oleh Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, pada saat konferensi pers di Malang, Jawa Timur. Penonaktifan anggota Brimob tersebut, kata Dedi, sesuai dengan arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Kemudian sesuai dengan perintah bapak Kapolri. Kapolda Jatim juga sama melakukan penonaktifan jabatan Danyon, Danki dan Danton Brimob sebanyak 9 orang," kata Dedi saat konferensi pers di Malang, Senin 3 Oktober 2022.

Adapun 9 anggota Brimob tersebut di antaranya yaitu:

-AKBP Agus Waluyo (Danyon)
-AKP Hasdarman (Danki)
-AKP Untung (Danki)
-AKP Danang (Danton)
-AKP Nanang (Danton)
-Aiptu Budi (Danton)
-Aiptu M Solihin (Danton)
-Aiptu M Samsul (Danton)
-Aiptu Ari Dwiyanto (Danton)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya