Dukung Kendaraan Listrik, Apartemen di Jakarta Mulai Sediakan SPKLU

PLN resmikan SPKLU pertama di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Arrijal Rahman

VIVA Metro – Belakangan ini, banyak warga di Ibu Kota yang beralih dari kendaraan berbahan bakar minyak ke kendaraan bertenaga listrik. Karena hal tersebut juga saat ini adanya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Eid Homecoming: Transaction of EV Charging Station Up to Fivefold

Sejumlah apartemen di Jakarta, khususnya yang dikelola oleh Inner City Management (ICM) turut membangun SPKLU untuk memberi kemudahan penghuninya mengisi daya kendaraan listrik yang dimiliki. SPKLU ini juga menjadi bentuk dukungan implementasi kendaraan listrik untuk menjaga keberlanjutan lingkungan di Indonesia.

"Bersama dengan mitra penyedia, kami sudah melakukan survei di semua site untuk menentukan titik mana saja yang akan dilakukan pembangunan SPKLU secara bertahap. Ini adalah bukti kesiapan kami dalam menyambut tren kendaraan listrik sebagai sebuah keniscayaan sistem transportasi di masa depan," kata Direktur Operasional ICM Krisdiarto Adi Pranoto, Senin 3 Oktober 2022

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

Ilustrasi baterai mobil listrik

Photo :
  • QZ

Krisdiyanto mengatakan, untuk soft opening dan uji coba SPKLU dilakukan di Apartemen Sudirman Park Jakarta. Namun saat ini dirinya tengah berencana memperluas kerja sama dengan sejumlah mitra lainnya.

PLN Siapkan 1.304 SPKLU di 879 Lokasi untuk Layani Kendaraan Listrik Pemudik

Seperti produsen mobil dan motor listrik untuk menjadi tenant di site kelolaan yang mencapai 40 site apartemen di Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia. Selain SPKLU, ICM telah berfokus terhadap permasalahan lingkungan.

Seperti melakukan pengelolaan sampah dengan konsep 4R, yaitu Reuse, Reduce, Recycle dan Replant. Konsep itu membuat apartemen menjadi 4G yaitu Green City, Green Waste, Green Water dan Green Energy. 

Sementara itu, Direktur Utama PT Optima Integra Tehnika Vicarna Yasier menjelaskan dalam memperkuat ekosistem kendaraan listrik, pihaknya telah menjajaki kemitraan bersama berbagai pihak yaitu kawasan industri, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, area permukiman seperti perumahan, apartemen, serta fasilitas publik lainnya. 

"Melalui kerja sama ini kami ingin memberikan akses pengisian yang mudah bagi para pengguna kendaraan listrik, khususnya warga yang tinggal di apartemen," ujar Vicarna.

Pengisian daya di SPKLU

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal (Surabaya)

Manager Sudirman Park Rico Gautama, mengatakan peresmian ini merupakan bagian dari implementasi kelengkapan infrastruktur di lingkungan apartemen sebagai bentuk dukungan dari pengelola terhadap program pemerintah. Sebagaimana tertulis dalam Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

"Kami harap fasilitas ini dapat menggugah para penghuni lainnya agar tidak ragu beralih menggunakan kendaraan listrik yang bebas polusi. Jika antusiasme terus bertambah, tentunya kami akan membuka lebih banyak lot parkir di area SPKLU dan melakukan penambahan daya yang lebih besar agar pengisian menjadi lebih cepat dan efisien," ujar Rico.

Nantinya SPKLU akan dibuka untuk masyarakat umum yang memiliki kendaraan listrik, dan khusus penghuni apartemen dapat memanfaatkannya secara gratis selama masa uji coba terhitung tanggal 1 Oktober hingga 1 November 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya