Irjen Fadil soal Tragedi Kanjuruhan: Titik Balik Evaluasi Pengamanan

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran memimpin apel gelar pa
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA Nasional – Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran memimpin apel gelar pasukan Parliamentary Speakers Summit (P20), Selasa 4 Oktober 2022.

Chandrika Chika Ngaku Udah Pakai Narkoba Satu Tahun

Dalam sambutannya, Irjen Fadil sempat menyinggung soal tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, pasca laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya yang menewaskan ratusan orang. Irjen Fadil mengingatkan anggotanya untuk belajar dari tragedi kanjuruhan ini dalam melakukan pengamanan agar tak terjadi hal seperti itu.

"Berkaca pada peristiwa di Stadion Kanjuruhan Malang, Jatim memberikan kita turning point untuk melakukan evaluasi terhadap standar sistem pengamanan kita," kata Irjen Fadil di Markas Polda Metro Jaya, Selasa 4 Oktober 2022.

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga

Lokasi kerusuhan tragedi kanjuruhan.

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya (Malang)

Mantan Kapolda Jawa Timur ini meminta anak buahnya untuk mempedomani secara betul tahapan pengamanan. Mulai dari tahap kerumunan, sampai ke tahap berkumpulnya massa yang bisa menimbulkan terjadinya kekacauan.

Penampakan Chandrika Chika Usai Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Udah Pakai Baju Oren

"Oleh sebab itu, pedomani Perkap No 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Polri," kata dia.

Tragedi Kanjuruhan Buat Semua Pandangan Tertuju ke Polri

Irjen Fadil mengatakan, tragedi Kanjuruhan membuat semua pandangan masyarakat tertuju ke Polri, sehingga dia minta anak buahnya untuk mengedepankan langkah-langkah pencegahan. Irjen Fadil mau anggota yang bertugas di lapangan tidak ada lagi melakukan tindakan di luar dari apa yang menjadi kesepakatan, menjadi komitmen dan menjadi arahan.

Dirinya juga mau anak buahnya untuk menghindari penyelewengan dan penyimpangan yang dilakukan oleh anggota yang bertugas di tengah pengamanan lapangan. Dia mau pelaksanaan kegiatan pengamanan dilaksanakan dengan humanis dan penuh rasa kasih sayang. Dengan kata lain, Irjen Fadil mau anggotanya melakukan pendekatan preventif.

"Perkuat tahapan kesiapan dalam berbagai kesempatan. Selalu saya sampaikan filosofi taylor man, filosofi bagaimana kita menjahit baju. Bahwa setiap orang memiliki ukuran yang berbeda, oleh sebab itu setiap langkah pengamanan menyesuaikan dengan ukuran karakteristik dari pengunanya dari situasi. Semua itu dimaksudkan agar pengamanan bisa berlangsung, pengamanan bisa terlaksana dengan maksimal," kata dia lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya