Janji Jokowi, Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di RSSA Kota Malang
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA Nasional – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) datang ke Malang untuk melihat kondisi para pasien di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang pada Rabu, 5 Oktober 2022. Dia berjanji mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan yang telah merengut 131 nyawa Aremania dan ratusan Aremania lainnya terluka.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Jokowi meminta tim pencari fakta independen yang diketuai oleh Menko Polhukam Mahfud MD agar melakukan investigasi secara dalam dan menyeluruh. Dia tidak ingin ada yang ditutupi dalam pengusutan tragedi ini semua harus diproses secara gamblang demi keadilan.

"Kenapa dibentuk tim pencari fakta independen. Karena kita ingin usut tuntas tidak ada yang ditutup-tutupi yang salah diberikan sanksi kalau pidana sama dipidanakan," kata Jokowi.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Tragedi Kanjuruhan Malang (Foto/VIVA.co.id)

Photo :
  • vstory

Jokowi mengatakan, salah satu alasan dia datang ke Malang adalah untuk bertemu dengan keluarga korban serta korban yang masih dalam perawatan. Jokowi ingin melihat langsung kesaksian korban atas Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

"Tadi saya juga berbincang dengan pasien korban tragedi Kanjuruhan untuk mengetahui situasi di malam pertandingan itu. Saya benar-benar ingin tahu akar masalah penyebab tragedi ini. Sehingga ke depan kita juga mendapat solusi terbaik," ujar Jokowi.

Laga Arema FC vs Persebaya berakhir ricuh di Stadion Kanjuruhan Malang.

Photo :
  • twitter

Jokowi kepada para Aremania yang kini dirawat di rumah sakit agar tetap semangat dan mendoakan segera sembuh. Soal biaya perawatan, Pemerintah pusat menggaransi semua ditanggung oleh mereka. Jokowi juga memberikan santunan pada keluarga korban yang meninggal dunia.

"Sudah saya sampaikan bahwa pasien para korban di stadion Kanjuruhan tetap semangat dan segera sembuh bisa beraktivitas kembali. Sudah saya sampaikan ke keluarga korban seluruh biaya perawatan di tanggung pemerintah pusat. Sudah saya sampaikan juga santunan kepada keluarga korban meninggal dunia. Dan kita tahu tidak hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah dan provinsi juga memberikan bantuan," tutur Jokowi.

Baca juga: Terkait Kanjuruhan, Panglima TNI Sebut 5 Prajurit Diperiksa

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya