Cara KSPSI Bantu Ringankan Beban Ratusan Buruh yang di PHK

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea Memberi Bantuan Buruh yang di PHK
Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea Memberi Bantuan Buruh yang di PHK
Sumber :
  • VIVA/ Foe Peace Simbolon

VIVA Nasional – Guna meringankan beban buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), menyalurkan bantuan paket sembako kepada 135 anggotanya yang ada di Pimpinan Unit Kerja (PUK) PT Kerta Gaya Pusaka (KGP).

Presiden KSPSI, Andi Gani Nena Wea menyerahkan secara langsung bantuan sembako bagi 135 orang anggotanya yang terkena PHK. Kata dia, 135 pekerja ini tengah menjalani proses persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial Jakarta Pusat.

"DPP KSPSI akan terus melakukan pendampingan advokasi dan juga memberikan bantuan sembako bagi para buruh yang kena PHK," ujar dia kepada wartawan, Rabu 5 Oktober 2022.

Pria yang juga pimpinan Konfederasi Buruh ASEAN (ATUC) menilai, saat ini situasinya sangat berat bagi buruh yang kena PHK. Sebab, mayoritas sudah berkeluarga dan memiliki anak-anak yang bersekolah.

"Kami berharap pemerintah bisa membantu korban PHK yang saat ini terjadi di beberapa sektor. Karena, kondisi ekonomi belum pulih sepenuhnya pasca pandemi COVID-19," ujar dia.

Dirinya menambahkan, KSPSI juga tengah menyiapkan program pelatihan usaha mandiri untuk buruh yang terkena PHK akibat terdampak pandemi COVID-19 yang menyebabkan banyak perusahaan menutup usaha.

"Program usaha mandiri yang akan diberikan secara gratis adalah misalnya seperti pelatihan menjahit, sablon dan juga pelatihan komputer," jelasnya.