Jokowi Teken Keppres TGIPF, Ini Tugas dan Kewenangannya

Presiden Jokowi di HUT ke 77 TNI
Presiden Jokowi di HUT ke 77 TNI
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Presiden RI Joko Widodo telah menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2022 tentang pembentukan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta peristiwa Stadion Kanjuruhan Malang. Keppres tersebut ditandatangani oleh Jokowi pada hari Selasa 4 Oktober 2022.

Dalam Keppres tersebut, disebutkan bahwa perlunya membentuk TGIPF untuk mencari, menemukan, dan mengungkap fakta dengan didukung data dan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan, sebagai bahan evaluasi untuk menghindari peristiwa serupa terjadi di masa yang akan datang.

"Membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta Peristiwa Stadion Kanjuruhan, Malang yang selanjutnya dalam Keputusan Presiden ini disebut TGIPF," bunyi poin Kesatu Keppres tersebut.

Tragedi Kanjuruhan Malang (Foto/VIVA.co.id)

Tragedi Kanjuruhan Malang (Foto/VIVA.co.id)

Photo :
  • vstory

Disebutkan juga bahwa TGIPF ini berkedudukan di bawah Presiden dan bertanggung jawan kepada Presiden. Tercantum sejumlah nama yang mengisi TGIPF, diantaranya adalah

a. Ketua : Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.
b. Wakil Ketua : Menteri Pemuda dan Olahraga.
c. Sekretaris : Nur Rochmad.
d. Anggota : 
1. Rhenald Kasali;
2. Sumaryanto;
3. Akmal Marhali;
4. Anton Sanjoyo;
5. Nugroho Setiawan;
6. Doni Monardo;
7. Suwarno;
8. Sri Handayani;
9. Laode M. Syarif; dan
10. Kurniawan Dwi Yulianto.

Tugas TGIPF yaitu:
a. mencari, menemukan, dan mengungkap fakta dengan didukung data dan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan pada peristiwa Stadion Kanjuruhan Malang; dan
b. melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan pertandingan sepak bola antara Tim Arema yang berhadapan dengan Tim Persebaya, termasuk prosedur pengamanan yang diatur dalam peraturan perundangundangan, sebagai panduan agar tidak terjadi peristiwa serupa pada pertandingan sepak bola yang lain.