Dua Orang Tewas Tertimbun Longsor Tambang Emas di Mandailing Natal

2 Pria Tewas Tertimbun Longsor Tambang di Mandailing Natal, Sumut
Sumber :
  • Polres Mandailing Natal

VIVA Nasional – Sebanyak 2 pekerja penambang emas di lokasi penambangan di Desa Lancat, Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa alias tewas. 

Update Korban Tewas Banjir dan Longsor di Luwu jadi 13 Orang, Berikut Daftar Namanya

Berdasarkan informasi diperoleh, peristiwa terjadi pada Senin sore, 3 Oktober 2022, sekitar pukul 15.00 WIB. Sedangkan, para korban tewas masing-masing bernama Wawan (25) dan Mendah (40). Keduanya, merupakan warga Desa Lancat, Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal.

Kapolres Mandailing Natal (Madina) AKBP Muhammad Reza Chairul Akbar Siddiq menjelaskan pihak kepolisian menerima laporan dari masyarakat, bahwa 2 pria yang tertimbun tanah longsoran pertambangan dan meninggal di dalam lobang tambang emas tersebut.

Dua Warga Dilaporkan Hilang akibat Longsor di Padang

"Selanjutnya, personel Polsek Lingga Bayu mengecek kebenaran informasi tersebut. Korban meninggal dunia saat bekerja di dalam galian tambang dengan menggunakan dompeng di dalam lobang dan tertimbun longsoran tanah," sebut Reza, Rabu 5 Oktober 2022.

Reza mengungkapkan kronologi kejadiannya, pada hari itu, pukul 12.00 WIB. Korban bekerja bersama tim sebanyak 6 orang dengan cara menggali tanah dengan menggunakan mesin dompeng hingga kedalaman sekitar 8 meter berbentuk kubangan.

BPBD Cianjur Catat Pergerakan Tanah Masih Terjadi selama Tanggap Darurat Bencana

"Kemudian, pada pukul 15.00 WIB, terjadi longsor sehingga menimpa korban yang bekerja di bagian bawah galian," ucap Reza.

Reza mengatakan, pekerja yang melihat kedua rekannya tertimbun longsoran di lokasi kejadian berupaya melakukan penyelamatan. Yakni dengan cara melakukan penggalian.

"Pada pukul 15.30 WIB, korban berhasil dikeluarkan dari timbunan dan sudah dalam keadaan tidak bernyawa," ujar Reza.

Setelah berhasil dievakuasi, jasad kedua korban diserahkan kepada pihak keluarga untuk disemayamkan dan dikebumikan. Kemudian, pihak kepolisian melakukan olah TKP dan melakukan pemeriksaan saksi-saksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya