Bos Penyidik KPK Tolak Penyelidikan Formula E Dibuka ke Publik

Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto
Sumber :
  • ANTARA/HO-Humas KPK

VIVA Nasional – Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto menepis pernyataan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata yang mempertimbangkan untuk membuka hasil penyelidikan terkait kasus Formula E ke publik.

Karyoto menegaskan bahwa penyelidikan terkait kasus Formula E yang menyeret nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak akan ditunjukkan ke publik.

"Kalau kami membuka-buka itu tidak tepat juga. Nanti setiap orang yang ini, ini, ini, oh ini yang kemarin ini padahal dia sifatnya. Kadang-kadang ada yang diminta datang juga, dia tak paham, ya kembali lagi. Mungkin dia punya data, informasi apa, dikaitkan dengan hal-hal yang sedang dicari," kata Karyoto dalam keterangannya dikutip pada Kamis 6 Oktober 2022.

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem

Balap Formula E Jakarta

Photo :
  • Dok: FIA Formula E

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

Karyoto menerangkan bahwa penyelidikan terkait Formula E masih berjalan dan belum menetapkan satu tersangka pun. Pun ia menyebutkan bahwa setiap orang yang memberikan keterangan saat proses penyelidikan belum bisa dikategorikan sebagai saksi.
Ada Kabar Jaksa Peras Saksi hingga Rp3 Miliar, KPK Bilang Begini


"Hal itu karena masih keterangan yang sifatnya konfirmasi atau klarifikasi terhadap apa yang sedang dilakukan dan ingin dibuat terang oleh para penyidik KPK," jelasnya.

Untuk diketahui sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebutkan bahwa pihaknya mempertimbangkan untuk membuka hasil penyelidikan Formula E ke publik. Hal itu ingin dilakukan agar tak muncul anggapan bahwa lembaga antirasuah itu melakukan kriminalisasi terhadap Anies Baswedan.

"Kasus sudah sedikit terungkap, kami sedang mempertimbangkan juga ya bagaimana kalau proses lidik [penyelidikan] kita buka saja? kan gitu. Supaya masyarakat tahu apa sih hasil dari lidik itu yang sudah diperoleh KPK," kata Alex.

"Dari keterangan para saksi yang sudah dipanggil, apa yang mereka terangkan. Supaya apa? Supaya masyarakat tidak lagi curiga seolah-olah kami ini mengkriminalisasi seseorang," sambungnya.
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Habiburokhman

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Wakil Ketua Komisi III DPR RI mengatakan bahwa Polri sudah "on the track" dalam menangani kasus yang menjerat mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024