Update Tragedi Kanjuruhan: Total Korban 574 Orang, 66 Masih Dirawat

Dirut RSSA Kota Malang, Kohar Hari Santoso
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA Nasional – Pemerintah Provinsi Jawa Timur merilis data resmi perkembangan tragedi Kanjuruhan pada Kamis, 6 Oktober 2022. Sumber data dari sejumlah rumah sakit total korban meninggal dunia dan luka-luka totalnya menjadi 574 jiwa.

Data itu terdiri dari 131 korban meninggal dunia. 420 orang mengalami luka sedang atau ringan. 23 suporter mengalami luka berat. Dan 66 Aremania dan Aremanita masih di rawat di rumah sakit.

Paling banyak pasien dirawat di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang sebanyak 32 orang. Di RSUD Kanjuruhan sebanyak 9 orang, di RS Hasta Brata sebanyak 7 orang, RSU Wajak Husada 1 orang, RS Wava Husada 5 orang.

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Presiden Jokowi menjenguk korban tragedi Kanjuruhan

Photo :
  • instagram

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

RS UMM 1 orang, RS Prima Husada 2 orang, RS Pindad 1 orang, RST Soepraoen 3 orang, RS Hasta Husada 1 orang, RS Aisiyah 2 orang, RS Unisma 2 orang, dan RSUD Kota Malang 1 orang.
Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual


"Yang jelas pasien yang dirawat ada di ICU dan ruang biasa. Tapi terakhir kami lihat yang di ruang biasa juga bisa dipulangkan dan membaik. Di icu kondisinya ada yang berat belum stabil ada, tapi ada sebagian yang sudah membaik," kata Dirut RSSA Kota Malang, Kohar Hari Santoso, Kamis, 6 Oktober 2022.

Kohar mengatakan, untuk beberapa korban yang mengalami luka berat kondisinya butuh alat bantu pernafasan. Adapula pasien yang mengalami pendarahan di pembulu darah hingga pasien yang mengalami patah tulang.

"Berat itu, jadi kesadarannya menurun dadanya sesak jadi kita bantu pakai alat alat bantu nafas. Juga ada yang pernah pendarahan di pembuluh darah dan terus kemudian kita lakukan tindakan tapi rupanya efek jauhnya masih memberikan efek. Beberapa tungkainya ada patah tulang dan masih kami rawat," ujar Kohar.

Faskes Maksimal Korban Kanjuruhan

Terpisah, Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah memberikan pelayanan perawatan terbaik untuk ratusan korban tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

"Kemenkes harus memastikan setiap RS dan faskes memberikan pelayanan terbaik terhadap korban Kanjuruhan. Ini bukan sekadar bencana sepak bola tapi juga bencana kemanusiaan," kata Netty kepada awak media, Kamis, 6 Oktober 2022.

Menpora Zainudin Amali beserta Kapolri dan Ketum PSSI mengunjungi korban tragedi Kanjuruhan di RSUD Kanjuruhan

Photo :
  • Kemenpora


Menurut Netty, pemerintah dan stakeholder terkait harus memonitor pelaksanaan pelayanan di lapangan. Legislator PKS itu pun berharap tidak mengemuka cerita melalui platform media sosial bahwa pasien korban Kanjuruhan  terlantar dan tidak mendapatkan perawatan maksimal.

Netty juga meminta pemerintah agar melakukan pendataan jumlah korban secara valid. 

"Informasi soal jumlah korban keseluruhan ini juga masih menimbulkan pertanyaan dan simpang siur. Pemerintah menyebut korban yang meninggal ada 125 orang sementara suporter Arema mengatakan lebih dari 200 orang,” ujarnya. 

Ditekankannya, pemerintah harus memiliki data akurat dan memastikan seluruh korban dan keluarga korban mendapatkan hak yang sama seperti santunan dan sebagainya.

Lebih lanjut, Netty juga meminta agar kasus tragedi Kanjuruhan ini diusut hingga tuntas. 

"Kronologi, penyebab, aspek kelalaian penyelenggara hingga potensi pelanggaran personel harus diungkap secara transparan ke publik. Jangan sampai korban dan keluarga korban tidak mendapatkan keadilan yang layak," imbuhnya.
Ketiga jasad korban longsor disemayamkan di rumah duka

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Ketiga korban longsor langsung disemayamkan di rumah duka sanak saudaranya. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024