Ini Upaya Ganjar Datangkan Lebih Banyak Investasi ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terus menggenjot pertumbuhan ekonomi di Jateng melalui Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) alias investasi

Ganjar pun telah melakukan berbagai upaya untuk terus mendatangkan investasi ke Jateng dari berbagai sektor, khususya kawasan industri. Ganjar mengatakan, salah satu upaya konkretnya adalah melakukan 'jemput bola' dengan terus menjalin komunikasi bersama calon investor. 

"Beberapa kawasan industri kita jadikan kawasan ekonomi baru, maka investornya sekarang yang kita ajak lebih aktif dan kita jemput bola," kata Ganjar di Bali Nusa Dua Convention Center, Kawasan Pariwisata Nusa Dua Lot, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Kamis, 6 Oktober 2022.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, upaya tersebut juga dibarengi dengan repons cepat Pemprov Jateng dalam melakukan percepatan pembangunan di kawasan industri. Contohnya, kata Ganjar, perwujudan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) yang kini terus dikembangkan. 

"Contoh yang ada di kawasan industri batang. Itu betapa cepatnya kita mengerjakan dalam waktu 10 bulan, setelah keputusan (perizinan) langsung dikerjakan. Sampai dengan beberapa hari kemarin pun Presiden masih datang untuk bisa meresmikan beberapa investasi besar yang masuk ke sini," tuturnya. 

"Ini tentu bagian yang bisa mendorong para investor untuk masuk ke Jawa Tengah, termasuk beberapa relokasi-relokasi yang ada, baik di dalam maupun luar negeri," sambung Ganjar. 

Terbaru, kata Ganjar, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan pabrik pipa yang dilakukan brand asal Belanda, Wavin Group. Nilai investasi Wavin Group untuk pembangunan pabrik di KITB mencapai USD 125 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun.