Hendi jadi Kepala LKPP, Wakilnya Akan Diusulkan jadi Wali Kota Semarang

Hendrar Prihadi dilantik sebagai Kepala LKPP 2022-2027
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo telah melantik Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), di Istana Negara, Jakarta pada Senin, 10 Oktober 2022. Pria yang akrab disapa Hendi tersebut dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 125/TPA Tahun 2022 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. 

Status Jokowi di PDIP, Komarudin Watubun: Sudah di Sebelah Sana, Bagaimana Dibilang Bagian PDIP

Setelah diambil sumpahnya, maka Hendrar Prihadi pun akan menjalankan tugas sebagai Kepala LKPP RI. Dimana Presiden Jokowi sudah memberi pesan khusus untuk fokus dalam urusan pengadaan barang dan jasa yang nilainya ratusan triliun.

Dalam keterangannya usai pelantikan, Presiden Joko Widodo menyampaikan alasan pemilihan Hendrar sebagai Ketua LKPP adalah berdasarkan kemampuan dan kapasitasnya dalam mengelola organisasi. Presiden berharap, Kepala LKPP yang baru dilantik dapat terus meningkatkan sistem pengadaan barang dan jasa di Indonesia.

Cek Bendungan di Gorontalo Bareng Rachmat Gobel, Jokowi: Proyeknya Selesai Akhir 2024

“Sehingga ruang-ruang untuk utamanya dalam pengadaan barang dan jasa betul-betul bisa dikelola dan dikendalikan,” ujar Presiden.

Hendi dalam sesi keterangan pers menegaskan, akan fokus menjalankan tugasnya sesuai arahan Presiden Jokowi. Untuk itu dia pun menyebut fokus pada 2 hal, yaitu peningkatan penggunaan dalam negeri dan UMKM serta percepatan transformasi digital.

Jokowi Klaim Impor Jagung Turun dari 3,5 Juta Ton Jadi 450 Ribu Ton

Selain itu Hendi juga menyebut akan mendorong penguatan sinergitas LKPP dengan berbagai instansi, termasuk pemerintah daerah guna memastikan penerapa E-Katalog Lokal. 

“Saya rasa E-Katalog Lokal ini kalau bisa dipahami manfaatnya besar sekali, saya mengambil contoh di Kota Semarang bagaimana penguatan ketahanan ekonomi dapat didorong lewat itu,” jelasnya.

Sebelumnya, rencana Hendi menjadi Kepala LKPP RI sempat diungkapkan oleh ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto saat acara di Semarang yang dihadiri Puan Maharani.

"Kita oke nggak ada masalah, kalau memang itu yang diinginkan Presiden ya kita ikut. Kita tunggu saja ya. Untuk pengganti Hendi sebagai Wali Kota Semarang ya wakilnya naik. Wakil wali kota nanti diproses lagi, diajukan oleh partai pengusung, itu urutane wes ono aturane," kata Bambang Wuyanto waktu itu.


Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ tvOne Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya