Komandan Baru di Korem Wijayakrama, Pemberi Merah Putih ke Ustaz Baasyir

Danrem 052/Wijayakrama Brigjen TNI Achiruddin
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Komando Resor Militer (Korem) 052/Wijayakrama yang membawahi Kodim Jakarta Utara, Kodim Jakarta Barat, Kodim Tangerang dan Kodim Tigaraksa kini memiliki Komandan Baru bernama Brigjen TNI Achiruddin. Dia merupakan Alumni Akademi Militer tahun 1997 ini.

AKBP Syukur: Seorang Warga Tak Terlibat OPM Dipulangkan ke Keluarganya

Mengemban amanah menjadi Komandan di Korem Wijayakrama, tak membuat Achiruddin jumawa. Dia tetap menomorsatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Laksana seorang ibu, yang sudah memberikan jasa tak terhingga, maka sudah jadi tanggung jawab saya untuk menjaga dengan mengorbankan jiwa dan raga untuk NKRI. Apapun resikonya," ujar Brigjen TNI Achiruddin, kepada awak media, Kamis, 13 Oktober 2022.

Di Balut Kabut Putih Rimba Papua, Pasukan Operasi TNI Evakuasi Mayat Alex yang Ditembak Mati OPM

Sorot Kebangsaan Indonesia - NKRI - Kesatuan Bangsa

Photo :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Jenderal bintang satu ini dikenal bertanggung jawab dalam mengemban tugas negara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Berbagai pendekatan positif dilakukan anggota korps Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ini terhadap masyarakat agar saling menjaga kedaulatan Indonesia.

Korban Penembakan OPM Dievakuasi dari Homeyo ke Timika

Pada Agustus lalu, ketika Achiruddin masih memimpin di Danrem 074/ Warastratama Solo, Jawa Tengah, ia memberikan Bendera Merah Putih kepada pimpinan Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Ustaz Abu Bakar Ba’asyir untuk dikibarkan pada peringatan HUT RI ke-77. Itu menjadi momen upacara pengibaran bendera Merah Putih pertama sepanjang sejarah Ponpes Al Mukmin berdiri.

"Prinsipnya, Ustaz Abu Bakar Ba’asyir memahami Pancasila, khususnya sila Ketuhanan Yang Maha Esa memiliki makna kuat tentang ketauhidan. Beliau juga menyadari bahwa kemerdekaan Indonesia adalah karunia Allah SWT yang patut disyukuri, sehingga sebagai warga negara memperingati Hari Kemerdekaan bentuk dari rasa syukur tersebut," ujar Achiruddin

Komandan TNI Korem 074/Warastrataman Kolonel Inf Achiruddin menyerahkan secara simbolis bendera Merah Putih kepada pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Abu Bakar Baasyir, pada Selasa, 16 Agustus 2022.

Photo :
  • Korem 074/Warastratama

Achiruddin diangkat sebagai Danrem 052/Wijayakrama berdasarkan Surat Keputusan (SK) Panglima TNI nomor 818/VIII/2022. Menurutnya, promosi pangkat dan jabatan yang diperolehnya tidak lepas dari peran kedua orang tua serta istri yang selalu mendukungnya. 

"Saya bisa sampai di titik ini jelas karena orang tua, khususnya ibu saya. Alhamdulillah, kedua orang tua saya masih lengkap. Saya percaya doa ibu selalu hadir dalam setiap penugasan yang saya emban. Selain itu, istri juga suportif di setiap penugasan saya. Bagi saya, hal tersebut menjadi kunci yang membuka pintu-pintu keberhasilan dalam setiap tugas," tuturnya. 

Penugasan di Korem 052/Wijayakrama bukan hal yang baru bagi Achiruddin. Pada tahun 2017, ia pernah menjabat Kepala Staf Komando Resimen (Kasrem) 052/Wijayakrama. 

"Rasanya senang bisa kembali ke sini. Bertemu kembali dengan anggota-anggota yang dulu pernah bekerja sama. Saya paham tantangan dan ancaman yang berpotensi mengganggu kedaulatan negara kita di wilayah ini. Saya mohon doanya untuk dapat menjalankan penugasan ini dengan baik," ujarnya

Achiruddin merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara (1994) dan telah menjalani beberapa penugasan di militer. Ia pernah bertugas di Danyonban Sat 81-Gultor Kopassus, Dandim 0506/Tangerang (2015—2017), Kasrem 052/Wijayakrama (2017), Wadansat 81-Gultor Kopassus (2017—2018), Asintel Danjen Kopassus (2018—2019), Komandan Grup A Paspampres (2019—2021), Pamen Denma Mabesad (2021—2022), Danrem 074/Warastratama (2022), Danrem 052/Wijayakrama (2022—Sekarang).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya