Dalang Kosasih Bilang Erick Thohir Mirip Wayang Yudistira

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. AMSI

VIVA nasional – Sosok Menteri BUMN Erick Thohir disebut memiliki kesamaan dengan salah satu karakter wayang yakni Yudistira. Karakteristik Erick Thohir yang bijaksana dan berani mengambil keputusan strategis menjadi salah satu alasannya. 

Klasemen Piala Asia U-23 2024 Usai Timnas Indonesia Ditekuk Qatar

Dalang Wayang Golek asal Jawa Barat, Raden Kosasih Sunarya menilai Erick Thohir sebagai seorang menteri selalu mengutamakan kepentingan orang banyak. Sejumlah kebijakan yang diluncurkan menciptakan dampak positif karena itu figur Erick Thohir laksana Yudistira.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Dokumentasi Kementerian BUMN.
Dorong Kesejahteraan Pegawai, Bank Mandiri Integrasikan Program Well-Being

"Jadi terkenal Prabu Yudistira dengan kearifan, raja bijaksana, adil, raja yang sangat menjalankan amanah penderitaan rakyat," kata Dalang Kosasih Sunarya di Bandung, Sabtu 15 Oktober 2022.

Menurut dia, pribadi Erick Thohir sangat disenangi lantaran memiliki kepedulian tinggi terhadap masyarakat kecil. Keberhasilan Erick Thohir memimpin Kementerian BUMN cocok dengan kisah pada kerakter tersebut.

Menteri PUPR: Pembangunan Rumah Menteri di IKN Sudah 80 Persen, Target Rampung Juli

Untuk itu, menurutnya, Erick Thohir seperti Yudistira dalam dunia perwayangan memiliki kesamaan. Sama-sama banyak meraih keberhasilan.

"Karakternya sangat cocok sekali dengan Pak Erick Thohir. Maknanya itu sangat serasi dan sesuai karena Yudistira itu cikalnya Pandawa Raja Nagara Amarta," terang Dalang Kosasih Sunarya.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Dok. BUMN

Diketahui Yudistira sendiri merupakan putra tertua di antara lima Pandawa, atau para putra Pandu dalam kisah Mahabarata. Yudistira dikenal sebagai tokoh wayang yang mampu mengendalikan nafsu dan kesabaran dengan  berserah diri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya