Antisipasi Banjir Rob, Ganjar Sebar Lima Buah Pompa Mobile di Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo membeli lima buah pompa mobile baru untuk menghadapi musim penghujan 2022-2023. Lima pompa itu disiagakan di titik rawan banjir rob, antara lain Pekalongan, Tegal, Semarang, hingga Kudus. 

PDIP Gugat KPU ke PTUN, Ganjar: Tugas Saya dan Pak Mahfud Berakhir Usai Putusan MK

"Nah ini, kemarin kita baru pengadaan. Ini pompanya. Masih baru jadi skrupnya dipasang sendiri," kata Ganjar dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu 15 Oktober 2022

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tengok banjir rob di Pekalongan.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.
Prabowo ke Anies: Saya Tahu Senyuman Anda Itu Berat Sekali

Ganjar mengatakan, keberadaan pompa mobile ini akan sangat membantu penanganan banjir. Selain itu, kata Ganjar, pompa mobile juga dapat mengatasi dampak domino dari bencana tersebut, seperti lalu lintas. 

"Peralatan ini kita adakan karena melihat pengalaman sebelumnya. Peralatannya bisa membantu, meskipun masyarakat juga harus disiapkan," ujarnya. 

Ganjar Tak Datang saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Capres-Cawapres Terpilih

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Provinsi Jateng, Eko Yunianto menyebut pompa mobile itu memiliki kapasitas 250liter per jam. Hal itu disampaikannya saat mendampingi Ganjar. 

"Kita pengadaan lima unit. Sudah disebar ke Tegal, Pekalongan, Semarang, Kudus. Kapasitasnya 250 liter per jam," tegasnya.

Tim SAR gabungan evakuasi korban banjir rob di Semarang, Jateng.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Ganjar juga memastikan seluruh pintu pompa air dalam kondisi menyala. Ganjar berharap, seluruh petugas pompa memastikan mesin berfungsi maksimal. 

Sebagai informasi, musim penghujan mulai melanda Jateng. Beberapa hari terakhir sejumlah wilayah mengalami hujan dengan intensitas tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya