Heboh, Situs Website Kodam XVI Pattimura Diretas Muncul Bendera RMS

Situs Website Kodam XVI Pattimura Diretas Hacker.
Sumber :
  • tvOne/ Belseran Christ.

VIVA Nasional – Situs web milik Kodam XVI Pattimura, dengan nama laman web: KODAM XVI PATTIMURA (kodam16pattimura.mil.id) tiba-tiba diserang oleh orang dikenal atau yang dikenal dengan hacker. Tak diketahui kapan terjadinya peretasan tersebut, namun terpantau pada Sabtu 15 Oktober 2022 sekitar pukul 19.30 WIT situs tersebut diduga dikendalikan oleh peretas hacker.

2 Sektor di Indonesia Jadi Sasaran Empuk Ransomware, Temuan Unit 42

Setelah beredar informasi tersebut, media ini mencoba melakukan penelusuran peristiwa tersebut. Alhasil situs milik Kodam XVI Pattimura tersebut jelas-jelas dikendalikan hacker. Terlihat sejumlah bendera organisasi Republik Maluku Selatan (RMS) menghiasi laman website milik Lembaga TNI di Maluku ini. Selain itu juga ada ada lambang Organisasi bercorak warna sama seperti bendera.

Selain itu beberapa judul berita pada laman ini juga dihiasi oleh sejumlah tulisan kritikan berbahasa Belanda dan Inggris. Ada juga foto-foto perayaan HUT RMS di Belanda. Sejumlah bendera yang terlihat pada laman web ini antara lain, Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Organisasi Papua Merdeka (OPM), dan Republik Maluku Selatan (RMS).

Bareskrim Tangkap 142 Tersangka dan Minta Blokir 2.862 Website Judi Online

Situs Website Kodam XVI Pattimura Diretas Hacker.

Photo :
  • tvOne/Belseran Christ

Sebuah foto yang diletakkan pada sudut laman web ini adalah J.H Manuhutu Presiden RMS. Foto-foto maupun tulisan yang menghiasi website milik kodam XVI Pattimura ini diduga diretas oleh hacker. Hingga kini pihak Kodam XVI Pattimura masih melakukan upaya untuk mengatasi peretasan ini.

Informasi Sistem Penggajian Departemen Pertahanan Inggris Diretas

Beberapa awak media yang mengetahui peristiwa tersebut langsung melakukan konfirmasi kepada pihak Pendam XVI Pattimura, dengan menunjukkan situs yang telah diretas. Sempat dikonfirmasi oleh beberapa awak media, beberapa menit atau sekitar pukul 20.15 WIT Sebagian laman website akhirnya bisa diambil alih.

Seluruh foto dan tulisan yang menghiasi dinding website milik Kodam XVI Pattimura ini sudah terhapus, dan hanya terlihat beberapa kegiatan milik Kodam.

Situs Website Kodam XVI Pattimura Diretas Hacker.

Photo :
  • tvOne/Belseran Christ.

“Tenang dulu bang…, Kami masih atasi. Mohon infonya dikendalikan dulu,” jawab Kukuh seorang Staf Pendam XVI Pattimura pada grup whatsapp Pers Pendam XVI Pattimura.

Meski belum seluruhnya bisa dihapus dan dikendalikan, namun sebagian besar foto dan lambang dari organisasi Republik Maluku Selatan (RMS) tidak lagi terpampang dalam laman website Kodam XVI Pattimura ini. Pasca kejadian ini, pihak Penerangan Kodam XVI Pattimura belum memberikan keterangan resmi soal laman website mereka yang diretas.

Laporan: tvOne/Belseran Christ

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya