Hadiri Maulid Nabi di Tebet, Gatot Serukan Ulama dan Umat Bersatu

Mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Gatot Nurmantyo
Sumber :
  • Repro video.

VIVA Nasional – Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmayanto menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Dalam kesempatan itu Gatot mengatakan inginkan para ulama bisa bersatu dengan satu tujuan agar negara Indonesia tetap aman.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

"Saya harap, kalau negara yang mayoritas islam ini, ulamanya bersatu dan para umat sangat patuh kepada ulama, maka, negara ini akan aman," ujar Gatot saat hadir di acara itu, Jumat 21 Oktober 2022.

UAS Betemu JK dan Gatot Nurmantyo di Masjid Al Azhar

Photo :
  • Instagram UAS
Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Tak hanya itu, dalam acara yang bertemakan persatuan itu, Gatot mengatakan agar umat islam di negara ini bisa bersatu mengingat perjalanan Nabi pada jaman dahulu. Tujuannya, jika seluruh umat islam telah bersatu kembali maka negara akan kembali menang.

"Saya tidak panjang lebar karena tema di sini adalah persatuan, sama-sama kita ketahui bahwa inisiatif untuk melaksanakn maulid nabi Muhammad SAW adalah oleh Salahudin pada abad 12 masehi, yang intinya adalah untuk mempersatukan umat dengan mengingat perjalanan hidup rasulullah SAW," kata dia.

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

"Sehingga, umat yang tengah jatuh kembali bangkit menjadi pemenang. Jadi mempersatukan umat untuk umat yang jatuh," lanjut Gatot.

Maka dari itu, Gatot mulai bercerita terkait dua belah pihak pada jaman nabi yang pernah melakukan peperangan. Dua kelompok itu yakni Kabilah Auf dan Kabilah Kaslan.

Dia mengatakan, saat ketidak akuran dua pihak tersebut mengakibatkan dua kelompok yahudi menyusup ke Madinah. Kemudian akibat dari perang saudara yang telah disusupi itu berdampak pada tanah, ekonomi dan politik digadaikan.

"Di mana keduanya menjadi sangat merugikan dan meminta bantuan ke bani yauhudi ini. Sehingga, tanah digadaikan, politik digadaikan, ekonomi digadaikan. Dan pada puncak kemenangan yahudi, kehancuran kabilah inilah rasullah datang dengan risalah kasih sayang," ucap Gatot.

Umat Islam harus teladani akhlak nabi berperilaku baik

Semantara itu, Pangdam Jayakarta Mayjen TNI Untung Budiharto juga ikut hadir dalam acara tersebut dan memberikan sebuah sambutan.

Dalam sambutannya tersebut, Untung mengatakan bahwa acara Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan sebuah acara yang mendidik umat untuk melakukan hal baik.

"Saya hanya ingin mengimbau dan mengajak bahwa saya berada di tengah-tengah para alim. Yang fungsinya sangat luar biasa dalam mendidik umat untuk melakukan hal-hal yang terbaik," ujar dia.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto.

Photo :
  • ANTARA/Yogi Rachman

Kemudian, Untung juga mengajak kepada seluruh masyarakat yabg hadir dalam acara tersebut untuk menjaga keamanan di DKI Jakarta.

"Silaturahmi dan komunikasi seperti ini sangat diharapkan untuk kita semuanya memberikan keamanan kepada warga Jakarta dan sekitarnya," kata Untung.

Selanjutnya, berdasarkan informasi yang didapat, dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang di gelar di kawasan Tebet, Jakarta Selatan dimulai pada Jumat 20 Oktober 2022 sejak pukul 04.00 WIB hingga 07.30 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya