Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak, Polri-Kemenkes Cek Hasil Laboratorium Obat Sirup

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.
Sumber :

VIVA Nasional – Bareskrim Polri akan melakukan pengecekan hasil laboratorium obat sirup yang diduga menjadi penyebab penyakit gagal ginjal akut pada anak. Pengecekan ini dilakukan bersama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

"Hari ini tim dari Bareskrim mengecek hasil laboratorium bersama dengan Kemenkes dan BPOM," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi wartawan, Senin, 24 Oktober 2022.

Menurut Dedi, pihaknya masih terus melakukan penyelidikan terkait kasus gagal ginjal akut pada anak yang terjadi di Indonesia. Dedi menyebutkan, informasi mengenai perkembangan penyelidikan masih menunggu tim dari Bareskrim Polri.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Photo :
  • VIVA/ Lucky Aditya.

"Nanti, masih menunggu hasil laboratorium dan tahapannya juga masih penyelidikan. Nunggu update-nya dari Bareskrim," ujarnya.

Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meminta kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mengusut kasus gagal ginjal akut pada anak.

Saat ini, pihaknya pun telah melakukan koordinasi dengan menteri kesehatan, BPOM, bersama menteri Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.

Menko Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Ni Putu Putri Muliantari.

"Kita sudah mendapatkan masukan dari semua pihak, dan tadi malam saya terus langsung telepon ke pak Kapolri supaya kasus gagal ginjal akut ini diusut. Untuk ditelaah kemungkinan ada tidaknya tindak pidana," ujar Menko PMK Muhadjir Effendy kepada wartawan.

Dalam penyelidikan kasus gagal ginjal akut pada anak harus dilakukan berdasarkan data. Khususnya, bahan baku impor dari negara yang berdasarkan informasi, lanjut Muhadjir, tidak ditemukan kasus gagal ginjal akut.

"Itu adalah bahan baku impor dari sebuah negara yang sekarang negaranya justru tidak kena. Tetapi kenapa justru negara yang mengimpor kok kena," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya