Jokowi: RI Siap Fasilitasi Rekonsiliasi Faksi-faksi di Palestina

Presiden Jokowi dan PM Palestina Mohammad Ibrahim Shtayyeh
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), hari ini menerima kunjungan kenegaraan dari Perdana Menteri Palestina Mohammad Ibrahim Shtayyeh di Istana Kepresidenan Bogor, Senin 24 Oktober 2022. PM Shtayyeh tiba di Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 10.30 WIB yang langsung disambut dengan sejumlah proses penyambutan tamu kenegaraan.

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

Antara delegasi kedua negara sempat melaksanakan pertemuan membahas sejumlah permasalahan antara kedua bangsa. Salah satunya yang dibahas dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan PM Shtayyeh adalah mengenai kesatuan dan Perjuangan bangsa Palestina. 

"Dunia saat ini sedang menghadapi tantangan yang luar biasa, dan tantangan lama, yaitu penyelesaian masalah Palestina, belum juga berhasil diselesaikan secara damai dan adil. Dukungan internasional terhadap perjuangan Palestina perlu terus didorong dan saya tekankan pentingnya kesatuan di antara bangsa Palestina," kata Jokowi, Senin 24 Oktober 2022.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Presiden Jokowi dan PM Palestina Mohammad Ibrahim Shtayyeh

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jokowi mengingatkan pentingnya persatuan untuk bangsa Palestina. Kepala Negara juga mengungkapkan bahwa adanya persatuan dan kesatuan telah berhasil membuat Indonesia merebut kemerdekaan hingga saat ini.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

"Sejarah Indonesia menunjukkan bahwa kesatuan Indonesialah, yang membawa Indonesia dapat merebut kemerdekaan," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi dan PM Palestina Mohammad Ibrahim Shtayyeh

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menegaskan bahwa Indonesia siap membantu Palestina merebut kemerdekaan dengan menguatkan persatuan. Bahkan, Jokowi siap memfasilitasi untuk mempersatukan bangsa Palestina.

"Oleh karena itu proses rekonsiliasi perlu terus didorong, dan Indonesia siap memfasilitasi rekonsiliasi faksi-faksi yang ada di Palestina dan saya juga menyampaikan dukungan Indonesia agar Palestina menjadi anggota penuh di PBB," ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya