7 Fakta Kasus Teddy Minahasa yang Ganti Pengacara Jadi Hotman Paris

7 Fakta Kasus Teddy Minahasa yang Ganti Pengacara Jadi Hotman Paris
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Pengacara kondang, Hotman Paris resmi menjadi kuasa hukum tersangka kasus narkoba Irjen Teddy Minahasa. Kabar tersebut dikonfirmasi sejak Minggu 23 Oktober 2022.

Yusril, Otto hingga Hotman Paris Temui Prabowo Subianto, Lapor Hasil Sengketa Pilpres 2024

"Benar sudah resmi," ujar Hotman saat dikonfirmasi, Minggu.

Dengan dipilihnya Hotman sebagai kuasa hukum Teddy, berarti Henry Yosodiningrat atau Henry Yoso tidak lagi menjadi kuasa hukum mantan Kapolda Sumatera Barat itu.

Polisi Tetapkan TikToker Galih Loss Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama

Diketahui, Teddy ditangkap Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polri terkait dengan dugaan tindak pidana narkotika, Jumat 14 Oktober 2022. Imbas kasus ini, jenderal bintang dua itu terancam dijatuhi sanksi etik dan pidana.

VIVA Otomotif: Irjen Pol Teddy Minahasa

Photo :
  • Facebook Teddy Minahasa Putra
Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

Guna mengetahui lebih dalam perjalanan kasus narkoba yang menyeret Teddy Minahasa, mari simak fakta-fakta selengkapnya:

1. Dugaan Keterlibatan Teddy dibongkar Polda Metro Jaya

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan penangkapan Teddy berawal dari pengungkapan kasus peredaran narkotika yang dibongkar jajaran Polda Metro Jaya di Kalibaru, Jakarta Utara.

Sigit menerangkan, saat itu Polda Metro berhasil meringkus tiga tersangka dari masyarakat sipil. Dari ketiganya dilakukan pengembangan. Hasil penyelidikan mengarah sampai kepada AKBP Dody Prawiranegara, mantan Kapolres Bukittinggi, hingga kemudian menyeret nama Teddy Minahasa.

2. Jual barang bukti ke Mami Linda

Masih dalam pernyataan Kapolri, dari penyidikan yang dilakukan, Teddy bersama AKBP Dody diketahui menyisihkan 5 kg sabu dari barang bukti 41,4 kg yang disita dari hasil pengungkapan kasus peredaran narkotika di Kota Bukittinggi.

Irjen Teddy juga disebut mengawali perkenalan antara Linda Pujiastuti (Mami Linda). Berdasarkan bukti percakapan di WhatsApp Irjen Teddy diduga juga mengarahkan AKBP Dody agar menjual Sabu kepada Linda Pujiastuti. Menurut keterangan dari AKBP Dody, uang tersebut sebesar SGD 241.000 atau Rp300 juta dan uang tersebut diserahkan kepada Teddy Minahasa.

3. Empat polisi terseret kasus narkoba Irjen Teddy Minahasa

Empat orang polisi yang terseret dalam kasus peredaran narkoba yang menyeret nama Teddy Minahasa terancam sanksi pemecatan secara tidak hormat

Keempatnya adalah:

  • Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Doddy Prawira Negara (D)
  • Komisaris Polisi (Kompol) Kasranto (KS)
  • Anggota Satresnarkoba Polres Jakarta Barat Aipda Achmad Darmawan (AD)
  • Anggota Polres Pelabuhan Tanjung Priok Aiptu Janto Situmorang (J)

Keempatnya sudah diamankan di tempat khusus atau Patsus, sama halnya dengan Irjen Teddy. Mereka bakal diproses secara pidana dan etik. Sementara untuk enam tersangka lain yang merupakan warga sipil ditahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya.

4. Teddy Minahasa diduga otak jaringan peredaran narkoba

Eks Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa diduga sebagai otak dalam jaringan peredaran gelap narkoba yang melibatkan sejumlah anggota kepolisian. Hal tersebut dikatakan oleh kuasa hukum AKBP Dody Prawiranegara, yang bernama Adriel Viari Purba.

5. Teddy Minahasa ganti barang bukti sabu dengan tawas

Soal mengganti barang bukti dengan tawas, kabar ini juga dibenarkan oleh pengacara AKBP Dody, Adriel Viari berdasarkan pengakuan kliennya. ia menyebut, Teddy Minahasa memberi perintah mengganti barang bukti narkoba jenis sabu yang berhasil dipisahkan dari hasil pengungkapan kasus dengan tawas.

Kapolda Sumbar Irjen Teddy Minahasa saat merilis kasus narkoba di Bukittinggi

Photo :
  • Tribrata News

6. Mantan pengacara Teddy Minahasa bilang begini: “kalau kau bohong saya tinggalkan

Henry Yoso sempat ditunjuk sebagai kuasa hukum Teddy Minahasa. Pada kesempatan itu dia (Henry) mengaku pernah menegaskan bakal meninggalkan Teddy jika terbukti melakukan perbuatan jahat jual beli barang haram tersebut.

“Dia minta penegasan saya bersedia enggak. Saya bilang, sejauh yang Anda ceritakan ini benar, saya akan bela kamu; tapi kalau di perjalanan kamu berbohong, saya akan tinggalkan kamu,” kata Henry

7. Kini Henry Yoso bukan lagi kuasa hukum Teddy, ia digantikan Hotman Paris

Selepas ditinggalkan Henry Yoso, Teddy Minahasa menggandeng pengacara nyentrik Hotman Paris. Hotman ditunjuk sebagai kuasa hukum Teddy Minahasa sejak minggu 23 Oktober 2022.

Alasannya menerima tawaran Teddy lantaran jenderal bintang dua itu sering membantunya saat masih menjabat sebagai Karopaminal Divisi Propam Polri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya