Acay Lihat Mimik Tenang Bharada E Usai Tembak Brigadir J

Saksi-saksi Terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional  – Mantan Kanit I Subdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, AKBP Ari Cahya Nugraha atau Acay mengaku tidak kenal dengan Richard Elizier alias Bharada E yang merupakan ajudan mantan Kepala Divisi Propam Polri, Ferdy Sambo. Tetapi, Acay kenal dengan Ricky Rizal.

Badan Saksi Nasional Partai Golkar Roadshow untuk Memenangkan Pilkada 2024

Acay memang sempat ditelepon oleh Sambo, terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J saat lagi di Kantor Bareskrim pada Jumat, 8 Juli 2022. Saat itu, Acay diminta Sambo untuk ke rumahnya.

Mantan Kanit Bareskrim Polri AKBP Ari Cahya alias Acay bersaksi di persidangan

Photo :
  • Youtube PN Selatan
Keuangan Fredy Pratama Menipis, Istrinya Kena Kasus Pencucian Uang di Thailand

Kemudian, Acay bersama terdakwa AKP Irfan Widyanto berangkat menggunakan sepeda motor ke rumah Sambo yang ada di kawasan Bangka, Jakarta Selatan. Ternyata, di rumah tersebut tidak ada aktivitas apa-apa. Sehingga, Acay menghubungi ajudan Sambo bernama Daden.

Awalnya, Daden tidak menjawab sambungan telepon dari Acay. Tak lama kemudian, Acay dihubungi Daden memberitahu kalau Kepala Divisi Propam Ferdy Sambo ada di rumahnya Duren Tiga, Jakarta Selatan. Setelah itu, Acay bergerak sama Irfan ke rumah dinas Duren Tiga.

Polri Sita Hampir Rp 500 M Aset Jaringan Gembong Narkoba Fredy Pratama

Mantan Kanit I Subdit III Dittipidum Bareskrim Polri AKBP Ari Cahya alias Acay

Photo :
  • Youtube PN Selatan

Begitu tiba di Rumah Duren Tiga, Acay melihat Sambo sedang menelepon sambil merokok di garasi. Tapi, Acay tidak mengetahui siapa yang dihubungi oleh Sambo saat itu. Akhirnya, Acay menyapa Sambo saat rokoknya mati.

“Mohon izin jenderal, Ari Cahya jenderal. Mohon perintah jenderal. Disampaikan tidak ada, beliau hanya ngajak ikut masuk,” kata Acay.

Begitu masuk lewat garasi, Acay kaget sempat melihat ada yang tergeletak. Lalu, Acay kembali bertanya kepada Ferdy Sambo dan dijawab bahwa seseorang yang tergeletak adalah Brigadir Yosua yang merupakan ajudannya.

Sidang Lanjutan Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Posisinya masih di dapur, terlihat seseorang tergeletak di sebelah tangga. Mohon izin jenderal, itu siapa? Yosua. Kenapa jenderal? Kurang ajar dia, sudah melecehkan ibu. Terus kenapa tergeletak? Saya lupa secara persis, apakah tembak-menembak atau ditembak,” jelas dia.

Selanjutnya, Acay melihat Sambo mendekati jenazah Yosua. Lalu, Ricky dan Richard seperti menghampiri Sambo yang merupakan komandannya. Kemudian, Acay sempat bertanya kepada Ricky yang merupakan bekas ajudan Sambo saat menjabat Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

“Saya tanya ke Ricky, karena saya tau Ricky. Kenapa saya tau Ricky. Ricky kan mantan ajudan bapak saat jadi Dirtipidum, kalau Richard enggak tau. Saya tanya Ricky, ada apa? Iya ndan ada tembak-menembak dengan Yosua sambil dia menunjuk ke arah Richard yang ada di sebelah kanan saya,” ungkapnya.

Ferdy Sambo, Sidang Putusan Sela

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selanjutnya, Acay bertanya kepada terdakwa Richard perihal yang disampaikan oleh Ricky. Saat itu, Acay melihat Richard mimiknya tenang meski sudah menembak Yosua. “Saya tanya, kamu Richard? Siap ndan. Kamu yang nembak? Dengan mimik yang tenang, dia mengatakan siap ndan saya yang nembak. Saya enggak banyak tanya,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya