Soal Kelanjutan Investasi Elon Musk di RI, Luhut: Tunggu di G20

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Elon Musk.
Sumber :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kelanjutan terkait rencana investasi Tesla atau Elon Musk di Indonesia. Luhut mengatakan terkait rencana investasi Elon Musk akan disampaikan pada gelaran KTT G20 yang berlangsung pada bulan November mendatang.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

“Nanti akan Anda dengar beritanya di sekitar pada G20,” kata Luhut di Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu 29 Oktober 2022.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan

Photo :
  • VIVA / Riyan Rizki
AHY Ogah Bebankan Prabowo soal Jatah Menteri Buat Demokrat

Luhut menerangkan rencana investasi yang akan dilakukan pemilik Twitter itu dengan Pemerintah Indonesia berada dalam jalur yang positif.

“Positif lah, kalau engga positif ngapain saya ngomong-ngomong,” ucapnya.

Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini

Lebih lanjut, saat ini mantan anggota Kopassus itu belum bisa membeberkan lebih dalam perkembangan investasi Tesla di Indonesia. Pasalnya kata dia, saat ini Indonesia telah menandatangani perjanjian kerahasiaan atau non-disclosure agreement (NDA).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

“Kamu dengar saja beritanya waktu G20, kami sudah tanda tangan NDA, saya tidak bisa men-disclose apa yang sedang berkembang,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Luhut menyebut akan menagih kelanjutan investasi Tesla di Indonesia. Menurutnya, Tesla sudah mulai masuk ke Indonesia, namun tidak begitu dengan investasinya yang hingga saat ini belum masuk. Padahal, Presiden Jokowi sudah menemui langsung Elon Musk.

“Tesla sudah masuk sebagian, tapi belum masuk investasinya. Saya akan ke Amerika bulan depan, saya akan ketemu dengan Elon, mau bicara 'Eh mau kau gimana?' sama dia," jelas Luhut, saat memberikan Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin yang disiarkan secara virtual, pada Jumat 19 Agustus 2022 lalu. 

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Elon Musk.

Photo :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

Menurutnya, pemerintah sedang mengejar Tesla untuk segera melakukan investasi secara penuh di Indonesia. Pasalnya, beberapa kompetitor Tesla sudah mulai masuk ke Indonesia juga. Salah satunya pabrikan mobil Ford. 

“"Karena, si Ford ini sudah mulai masuk juga. Dia (pihak Tesla) pusing juga karena Ford duitnya banyak, namanya kalah keren" lanjut Luhut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya