Perintah Luhut: Baliho Babi Guling Hingga Politik Ditertibkan Jelang KTT G20 Bali

Satpol PP Bali menertibkan baliho di rute yang dilewati delegasi KTT G20
Sumber :
  • VIVA/Maha Liarosh

VIVA Nasional –  Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali Dewa Nyoman Rai Dharmadi menjelaskan, penertiban baliho di area rute yang dilewati delegasi KTT G20 sesuai dengan prosedur. Menurutnya, pembersihan baliho sebagai tindaklanjut keputusan dalam rapat koordinasi yang dipimpin Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Bule Jerman Serang Penjaga Vila di Bali Usai Ditagih Nunggak Sewa 4 Bulan

Per 11 November 2022 ini, jalur-jalur itu akan dipasang 2.500 Penjor untuk penyambutan. 

"Penertiban dilakuan tanpa pilih-pilih. Spanduk kecil maupun besar, mulai dari pedagang sampai spanduk politik diturunkan," kata Dewa Rai Dharmadi, Senin, 31 Oktober 2022.

Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika

Sebelumnya, ramai dipersoalkan penurunan baliho 'babi guling'. Tudingan itu mengarah pada kondisi Bali yang harus ditampilkan apa adanya. 

Satpol PP Bali menertibkan baliho di rute yang dilewati delegasi KTT G20

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh
Soal Cincin di Jari Manis dan Dilamar di Bali, Ini Kata Syifa Hadju

Rai Dharmadi menambahkan, pembersihan tidak hanya menyasar baliho babi guling saja. Tapi semua materi promosi berupa banner, spanduk, dan iklan produk di seluruh jalur menuju lokasi acara G20. 

Ditambahkan, spanduk yang tak ada kaitannya dengan G20 akan diturunkan. Yang dibolehkan, menurut Rai Dharmadi spanduk untuk G20 saja. "Termasuk juga pembersihan spanduk menuju objek wisata/daerah tujuan wisata," ujarnya.

"Yang viral itu tidak memuat secara utuh, dan tidak ada konfirmasi ke kami, sehingga kurang berimbang," tambahnya. 

Terkait hal itu, tim Satpol PP mengamankan tanpa menyita baliho babi guling yang viral itu. Rai Dharmadi mengungkapkan, si pemilik baliho menerima penertiban yang dilakukan timnya. "Kami sudah beritahu pemiliknya dan menerima, bahkan mengucapkan terima kasih karena balihonya tidak kita sita," tambahnya. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan memastikan seluruh persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali akan rampung pada 5 November 2022.

"Semua target (persiapan) akan selesai pada minggu pertama (November 2022). Tanggal 5 (November) saya berharap sudah selesai 99,9 persen," kata Luhut Binsar Pandjaitan menjawab pertanyaan ANTARA pada sela-sela kegiatannya di Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis.

Satpol PP Bali menertibkan baliho di rute yang dilewati delegasi KTT G20

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh

Luhut mengaku sudah melapor langsung kepada Presiden RI Joko Widodo mengenai persiapan KTT G20 di Bali yang bakal berlangsung pada 15--16 November 2022.

Dalam laporannya itu, Luhut menyebut persiapan KTT G20 sejauh ini telah mencapai 95 persen. "Kita berdoa semua berjalan bagus," kata Luhut.

Menko Marves RI bersama Gubernur Bali I Wayan Koster pada Rabu (26/10) meninjau seluruh lokasi yang menjadi tempat kegiatan KTT G20, yaitu di The Apurva Kempinski di Nusa Dua, Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park di Jimbaran, Tahura Mangrove Ngurah Rai di Denpasar.

Konferensi Tingkat Tinggi G20 merupakan acara puncak seluruh rangkaian G20 yang dihadiri oleh para pemimpin negara anggota G20.

Di acara puncak itu, para pemimpin negara pada hari pertama bakal mengadakan pertemuan di The Apurva Kempinski, kemudian dijadwalkan makan malam bersama (gala dinner) dan menyaksikan pertunjukan seni di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park. 

Berlanjut pada hari kedua, para pemimpin negara dijadwalkan mengunjungi Tahura Mangrove Ngurah Rai di Denpasar untuk bersama-sama menanam pohon bakau (mangrove), kemudian kembali lagi ke The Apurva untuk melanjutkan pertemuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya