Erick Thohir Dinilai Teruji Tingkatkan Ekonomi Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. Kementerian BUMN

VIVA Nasional – Menteri BUMN RI Erick Thohir dinilai sebagai pemimpin yang berpengalaman di Indonesia. Ia disebut teruji meningkatkan perekonomian negara melalui Kementerian BUMN.

Perkuat Penegakan Hukum, Holding BUMN Jasa Survei Gandeng Kejaksaan

Hal ini juga diakui oleh Pengamat Politik Usep S. Achyar. Ia mengatakan Erick Thohir memiliki latar belakang sebagai pebisnis internasional sebelum diamanahkan oleh Presiden Jokowi untuk menjadi salah satu menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Pak Erick Thohir memiliki latar belakang sebagai pebisnis internasional, kemampuannya ini dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis perusahaan BUMN dan negara," tutur Achyar.

Holding PTPN Gelontorkan Bantuan Buat Korban Banjir Bandang Luwu

Seperti diketahui, Erick Thohir terbukti meningkatkan perekonomian Indonesia melalui Kementerian BUMN. Sejak menjadi orang nomor satu di kementerian tersebut, ia banyak melakukan gerbrakan transformasi yang membuat BUMN bisa berkontribusi besar terhadap pembangunan Indonesia.

Nama Eddy Suparno Masuk Bursa Calon Menteri dari PAN, Pengamat Bilang Begini

Transformasi pertama yang dilakukannya adalah penyederhanaan perusahaan-perusahaan BUMN melalui holdingisasi. Melalui holding yang dilakukan oleh Erick Thohir kinerja perusahaan BUMN menjadi lebih baik dan sehat.

Perusahaan-perusahaan yang sakit dilebur ke dalam holding atau ditutup oleh Erick Thohir agar tidak menjadi beban negara. Ia juga membersihkan oknum-oknum yang merugikan seperti di Jiwasraya, Asabri dan Garuda Indonesia.

Dengan ini, Erick Thohir berhasil meningkatkan laba dari BUMN. Di mana di tahun 2020 laba ya g dimiliki tercatat hanya Rp 13 triliun kemudian di tahun 2021 meningkat menjadi Rp 124 triliun.

Dengan keuntungan yang melimpah Kementerian BUMN banyak memberikan ke kas negara untuk meneruskan program-program yang dibutuhkan oleh masyarakat. Erick Thohir juga tidak lupa untuk memulihkan perekonomian masyarakat melalui berbagai program di Kementerian BUMN.

Program-program ini di antaranya adalah KUR Himbara, Mekaar, Makmur, Sembrani Fund dan Santripreneur. Program-program tersebut sama-sama memiliki bantuan pendanaan dan pendampingan usaha yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian.

Gebrakan, inovasi dan kreativitas Erick Thohir dalam meningkatkan ekonomi Indonesia ini tidak lepas pengalamannya sebagai pebisnis sebelum masuk ke dalam pemerintahan. Achyar mengatakan maka tidak salah jika Erick Thohir dikatakan sebagai menteri yang dipercaya oleh Presiden Jokowi.

Karena pengalaman ini juga, Erick Thohir sangat diidamkan masyarakat dan partai politik untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya.

"Masyarakat melihat pemimpin dengan kemampuan untuk mengembangkan bisnis dan ekonomi diperlukan untuk mengimbangi pemimpin yang berasal dari elit politik," pungkas Achyar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya