Banjir Landa Banyuwangi, Perjalanan KA Tawangalun Sempat Terganggu

Ilustrasi kereta api melintas.
Sumber :
  • KAI

VIVA Nasional – Banjir yang melanda tiga desa di Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Kamis, 3 November 2022 malam, tidak hanya membuat puluhan rumah warga rusak berat. Tapi juga membuat jalur kereta api terganggu. Akibatnya, KA Tawangalun relasi Malang-Banyuwangi sempat tertahan di Stasiun Kalisat karena jalur KA di lintasan Kalibaru terendam banjir.

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Plt Manager Hukum dan Humas Daop 9 Jember Azhar Zaki Assjari menjelaskan, jalur kereta api yang terendam banjir ialah lintas Mrawan-Kalibaru, tepatnya pada kilometer 36 sampai kilometer 37. Namun, pada pukul 22.00 WIB tadi malam, genangan air berangsur surut atau berada di bawah kop rel.

Ilustrasi Kereta api melintas

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Viral Video Detik-detik Seekor Kucing Diselamatkan di Tengah Banjir Melanda Dubai

KA Tawangalun baru bisa melanjutkan perjalanan pada Jumat, 4 November 2022, dini hari setelah genangan air betul-betul surut, tapi dengan kecepatan rendah sekira 5 kilometer per jam. “Sekarang kalau dikatakan normal belum,” kata Zaki kepada VIVA melalui sambungan telepon genggam.

Saat ini, lanjut dia, pihak Daop 9 KAI masih terus melakukan penguatan dan normalisasi rel kereta api agar kecepatan KA yang melintas di jalur terdampak banjir Kalibaru bisa normal kembali. “Sekarang dilakukan penguatan dan normalisasi supaya bisa melaju dengan kecepatan seharusnya,” ujar Zaki.

KAI Buka Suara soal Syarat Loker IPK 3,5 hingga Skor TOEFL 500

Ilustrasi rangkaian kereta api.

Photo :
  • ANTARA/Raisan Al Farisi/hp

“Kami atas nama Manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang menggenangi jalur kereta api lintas Mrawan-Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi,” ujarnya.

Dia menegaskan, KAI saat ini tengah melakukan berbagai upaya untuk memulihkan perjalanan kereta api di lokasi tersebut. Penanganan dilakukan baik dari sisi pengaturan operasional KA maupun prasarana jalur KA.

“Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA. Semoga cuaca segera membaik dan banjir segera teratasi agar jalur kereta api yang terdampak kembali normal serta perjalanan kereta api dapat beroperasi dengan lancar," ujarnya. 

Dia menambahkan, "Namun demikian untuk sampai saat ini wilayah Daop 9 secara umum dalam kondisi aman lancar dan terkendali." 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya