Komisi I DPR Bakal Bahas Soal Suntik Mati TV Analog

Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani
Sumber :
  • DPR RI

VIVA Nasional - Komisi I DPR akan memanggil Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, terkait dimatikannya seluruh channel pada Tv analog se-Jabodetabek pada Kamis, 3 November 2022 sekitar pukul 00.00 WIB dini hari.

UU Pemilu Perlu Direvisi sebagaimana Pertimbangan MK, Menurut Anggota DPR

"Pastinya dalam rapat kerja berikutnya, isu ini akan kembali diangkat," kata Anggota Komisi I DPR, Christina Aryani, saat dihubungi pada Jumat, 4 November 2022.

Saluran TV Analog resmi dimatikan.

Photo :
  • Zendy Pradana/VIVA.
MK Tolak Gugatan 01 dan 03, Demokrat: Selanjutnya Pak Prabowo Butuh Penguatan di Parlemen

Amanat UU Cipta Kerja

Menurut dia, program analog switch off (ASO) atau suntik mati siaran televisi analog ini memang menjadi amanat Undang-Undang Cipta Kerja, deadline pelaksanaan migrasi digital (analog switch off) jatuh pada 2 November 2022.

Saldi Isra Sentil DPR: Jangan Lepas Tangan dari Masalah Pemilu

Alat Belum Terdistribusi ke Seluruh Wilayah

Namun, kata Anggota Fraksi Partai Golkar ini, pengecekan di lapangan tidak semua wilayah siap melakukan migrasi akibat belum terdistribusinya alat set top box yang diperlukan tv analog untuk mampu menangkap siaran digital.

"Jabodetabek termasuk dalam 222 kabupaten/kota yang sudah siap melakukan migrasi sehingga kita lihat sudah dilakukan analog switch off-nya," kata dia.

TV analog dan TV digital.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Ia menilai tidak terdistribusinya STB akibat tv-tv swasta pemegang mux yang belum memenuhi komitmennya. Maka dari itu, Christina sebagai anggota Komisi I DPR mendorong Kementerian Kominfo untuk memikirkan solusi atas permasalahan ini.

"Itu permintaan terakhir kami pertengahan September lalu sebelum masuk masa reses Oktober," katanya.

Kominfo Matikan Tv Analog

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika secara resmi telah mematikan seluruh channel pada Tv analog se-Jabodetabek. Hal itu dilakukan oleh Kominfo serentak pada Kamis, 3 November 2022, sekitar pukul 00.00 WIB dini hari.

Dalam peresmian itu, Menteri Kominfo, Johnny G Plate, mengatakan bahwa Tv analog nantinya bakal dimatikan untuk seluruh Indonesia. Namun, wilayah Jabodetabek yang terlebih dahulu dimatikan siarannya.

"Tentu yang pertama, jam 00.00 WIB saya berharap untuk melakukan analog switch off. Kita mulai dari Jabodetabek untuk nusantara," ujar Johnny di Gedung Kominfo, Jakarta Pusat pada Kamis, 3 November 2022.

Dalam acara tersebut, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Mahfud MD, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Agung Suprio dan sejumlah pimpinan televisi yang ada di Indonesia.

Adapun siaran digital di Jabodetabek yang telah dimatikan siarannya yakni Jakarta Pusat, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Kota Tangerang Selatan. Kemudian, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor,  Kota Tangerang, Kota Bekasi, Kota Depok dan Kota Bogor.

Sebelumnya, Indonesia memasuki era baru penyiaran Tv digital terestrial free-to-air dengan menghentikan siaran Tv analog atau Analog Switch Off (ASO) sejak April 2022. ASO dilaksanakan setelah dipastikan infrastruktur dan bantuan Set Top Box (STB) untuk rumah tangga miskin (RTM) telah terdistribusi merata.

Dengan demikian, rumah tangga miskin dan rumah tangga menengah ke atas terdampak ASO secara bersama-sama tetap bisa menonton siaran televisi digital.

Indonesia memasuki era baru penyiaran Tv digital terestrial free-to-air dengan menghentikan siaran Tv analog atau ASO sejak April 2022. ASO dilaksanakan setelah dipastikan infrastruktur dan bantuan Set Top Box (STB) untuk rumah tangga miskin (RTM) telah terdistribusi merata.

Dengan demikian, rumah tangga miskin dan rumah tangga menengah ke atas terdampak ASO secara bersama-sama tetap bisa menonton siaran televisi digital.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya