Luhut: Aplikasi Info BMKG Dukung Suksesnya G20

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • Kemenko Marves

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi inovasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait peluncuran aplikasi terbaru mereka Info BMKG G20.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

“Inovasi ini menurut hemat saya sudah sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mengerahkan segala potensi yang kita miliki dalam rangka menghadirkan keamanan dan kenyamanan selama penyelenggaraan KTT G20 di Bali,” ujar Luhut dalam acara Launching Aplikasi Info BMKG-G20 secara daring, Senin, 7 November 2022.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Photo :
  • Kemenko Marves
Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Luhut mengatakan, saat ini dampak dari risiko iklim sudah mulai dirasakan di berbagai sektor kehidupan di Indonesia. Dia khawatir dampak tersebut dapat mengganggu sektor pembangunan nasional.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kejadian bencana alam di Indonesia sepanjang tahun 2021 mencapai 5420 kejadian. Dengan 99,5 persen diantaranya didominasi oleh bencana hidrometeorologi seperti banjir, dan cuaca ekstrem.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Oleh karenanya, Luhut meminta BMKG harus cepat menyampaikan informasi terkait langkah-langkah pencegahan dengan memberi peringatan dini di berbagai sektor (tempat) yang berpotensi terdampak dari bencana perubahan iklim.

“Layanan informasi cuaca, gempa bumi dan tsunami yang prima, harus cepat disediakan BMKG dalam mendukung pengurangan risiko bencana. Aplikasi Info BMKG ini saya harap harus tepat dan akurat serta mudah untuk dipahami oleh para penggunanya,” ujar Luhut

Lebih lanjut, sejalan dengan momentum KTT G20, Luhut juga mengapresiasi langkah pemasangan alat pemantau cuaca yang dipasang di berbagai lokasi KTT G20 oleh BMKG.

“Adanya alat ini saya rasa dapat menunjang suksesnya KTT G20 dengan membantu monitoring cuaca yang semakin akurat,” kata dia

Data tersebut, lanjut Luhut, nantinya bakal digunakan untuk memodifikasi cuaca, agar mengurangi dampak risiko cuaca dalam kegiatan KTT G20 yang digelar di luar ruangan.

“Saya ingin mengucapkan selamat atas peluncuran aplikasi terbaru INFOBMKG dan pemasangan alat pemantau cuaca untuk KTT G20. Terimakasih pada BMKG yang sangat aktif turut serta dalam mensukseskan rangkaian kegiatan KTT G20,” tutupnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya